Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:14 WIB | Rabu, 02 September 2020

Antibodi Terbentuk Setelah Terinfeksi COVID-19 Bertahan Setidaknya Empat Bulan

Tes antibody. (Foto illustrais: ist)

SATUHARAPAN.COM-Antibodi yang diproduksi tubuh orang untuk melawan virus corona bertahan setidaknya empat bulan setelah diagnosis, dan tidak cepat memudar, seperti yang disebutkan oleh beberapa laporan sebelumnya, menurut temuan para ilmuwan.

Laporan pada hari Selasa (1/9), dari tes pada lebih dari 30.000 orang di Islandia, dan ini adalah pekerjaan paling luas tentang respons sistem kekebalan terhadap virus, dan merupakan kabar baik bagi upaya untuk mengembangkan vaksin.

Jika sebuah vaksin dapat memacu produksi antibodi yang tahan lama seperti halnya infeksi alami, ini memberi harapan bahwa "kekebalan terhadap virus yang tidak dapat diprediksi dan sangat menular ini mungkin tidak akan cepat berlalu," tulis para ahli independen dari Universitas Harvard dan Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat dalam sebuah komentar yang diterbitkan dengan studi di New England Journal of Medicine.

Salah satu misteri besar pandemi ini adalah apakah terjangkit virus corona membantu melindungi dari infeksi di masa depan dan untuk berapa lama.

Beberapa penelitian yang lebih kecil sebelumnya menyebutkan bahwa antibodi menghilang dengan cepat, dan bahwa beberapa orang dengan sedikit atau tanpa gejala mungkin tidak menghasilkan sama sekali.

Studi baru menunjukkan bahwa antibodi yang diproduksi tubuh bertahan setidaknya empat bulan. Studi itu dilakukan oleh deCODE Genetics yang berbasis di Reykjavik, anak perusahaan dari perusahaan biotek AS Amgen, dengan beberapa rumah sakit, universitas dan pejabat kesehatan di Islandia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home