Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:39 WIB | Kamis, 10 Juni 2021

Apa Yang Perlu Dilakukan Agar Vaksin COVID-19 Efektif

Vaksinasi bagi tenaga kependidikan di kota Depok, Jawa Barat, hari Rabu (9/6). (Foto: BPMI Setpres.)

SATUHARAPAN.COM-Vaksin, termasuk vaksin COVID-19, pada dasarnya diperuntukkan orang yang sehat untuk mencegah penyakit tertentu. Oleh karena itu, menurut informasi keamanan vaksin oleh Kementerian Kesehatan, orang yang sakit tidak dianjurkan untuk melakukan vaksinasi.

Oleh karena itu agar vaksin COVID-19 dapat bekerja optimal, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh orang yang akan menerima vaksinasi atau setelah vaksinasi.

Sebelum menerima vaksin COVID-19, baiknya orang beristirahat yang cukup serta mencukup kebutuhan nutrisi, agar lebih sehat. Jika memiliki penyakit penyerta, disarankan utnuk diperiksa dan dan mengikuti anjuran dokter sebelum melakukan vaksinasi.

Setelah divaksin, sebaiknya memperhatikan reaksi tubuh. Jika mengalami demam, menggigil atau pegal-pegal, menurut informasi kemenkse itu, diperbolehkan minum paracetamol dan beristirahat.

Jika mengalami gejala berat, segera menghubungi petugas kesehatan terdekat, ataupun nomor telefon dokter yang tertera pada sertifikat vaksin. Pilihan lain adalah melaporkan situasinya ke Komnas KIPI melalui https://keamananvaksin.kemkes.go.id/

Meskipun telah menerima vaksin, bahkan sudah dua dosis, warga disarankan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan: Memakai masker, menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan rutin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home