Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 17:02 WIB | Selasa, 19 April 2016

Apindo: WNI Simpan Uang di LN Antusias Ikut Tax Amnesty

Wakil Ketua Umum Apindo Suryadi Sasmita (Foto: Dok Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan warga negara indonesia (WNI) yang menyimpan uangnya di luar negeri sangat antusias dengan adanya kebijakan Tax Amnesty.

Wakil Ketua Umum Apindo, Suryadi Sasmita, mengatakan orang melihat Indonesia memiliki peluang untuk melakukan bisnis sehingga dengan adanya pengampunan pajak akan banyak melakukan investasi di Indonesia.

"Hanya tinggal Indonesia dan India yang berpeluang besar untuk maju di dunia," kata dia Gedung Parlemen Senayan, Jakarta pada hari Selasa (19/4).

Namun, kata dia, mereka saat ini belum bisa membuka bisnis lantaran uang yang akan dimanfaatkan belum dilaporkan di Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan.

"Kalau UU Tax Amnesty sudah terjadi maka dana mereka masuk, itu bisa untuk mendorong roda perekonomian Indonesia," tambah dia.

Dia juga mengatakan Tax Amnesty merupakan bentuk keadilan pajak di Indonesia lantaran orang yang bayar pajak masih lebih sedikit.

"Masih ada ketidakadilan, karena yang bayar pajak lebih sedikit dari yang belum," kata dia.

Dia menjelaskan, banyaknya yang akan ikut dalam kebijakan Tax Amnesty juga disebabkan pada 2018 rekening orang di luar negeri dalam skema Automatic Exchange of Information (AEoI).

"Kali ini ada kesempatan untuk memberikan pengempunan, apalagi sudah ada Panama Papers terbuka. Kemudian mulai 2018 dibukanya data perbankan di beberapa negara. Ini akan dimanfaatkan oleh pengusaha untuk segera melaporkan," kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home