Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:51 WIB | Sabtu, 11 Maret 2023

Arab Saudi dan Iran Sepakat Memulihkan Hubungan Diplomatik

Arab Saudi dan Iran setuju untuk membangun kembali hubungan setelah pembicaraan di China. (Foto: Nour via Al Arabiya)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM-Arab Saudi dan Iran telah mencapai kesepakatan untuk melanjutkan hubungan diplomatik, yang terputus pada tahun 2016. Keputusan dilakukan setelah pembicaraan yang berlangsung dari 6 Maret hingga 10 Maret di Beijing.

Pengumuman tersebut, yang dibuat pada hari Jumat (10/3) dalam pernyataan bersama dengan China, telah disambut baik di seluruh dunia sebagai kemenangan perdamaian dan dialog, lapor kantor berita negara Arab Saudi, SPA.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, menyambut baik kesepakatan tersebut sementara juru bicara Perserikatan Bangsa-bangsa, Stéphane Dujarric, mengucapkan terima kasih Sekretaris Jenderal PBB kepada China karena telah menjadi tuan rumah pembicaraan baru-baru ini.

Guterres pun menyambut baik upaya negara lain dalam hal ini, terutama Oman dan Irak.

Kementerian luar negeri Prancis juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Menteri Luar Negeri Catherine Colonna mendukung dialog dan inisiatif apa pun yang dapat memberikan kontribusi nyata untuk meredakan ketegangan dan memperkuat keamanan dan stabilitas kawasan.

Kerajaan Yordania pada hari Jumat menyambut baik pernyataan trilateral yang dikeluarkan oleh Kerajaan Arab Saudi, Iran, dan China tentang melanjutkan hubungan diplomatik, dengan Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat di Amman mengungkapkan harapan bahwa perjanjian ini akan berkontribusi untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas di kawasan, dengan cara yang menjaga kedaulatan negara sambil menghindari campur tangan dalam urusan internal mereka, dan melayani kepentingan bersama.

Kementerian Luar Negeri Republik Turki pun menyambut baik kesepakatan tersebut. Dalam sebuah pernyataan, mereka mengucapkan selamat kepada kedua negara atas perjanjian tersebut, yang dikatakan memberikan kontribusi signifikan untuk meletakkan dasar keamanan di kawasan tersebut.

Liga Dunia Muslim (MWL) juga menyambut baik kesepakatan yang dicapai antara Kerajaan Arab Saudi dan Republik Islam Iran untuk melanjutkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan dan misi mereka.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Sekretariat Jenderal MWL, Sekretaris Jenderal MWL Sheikh Dr. Mohammed bin Abdul Kareem al-Issa menyatakan harapannya bahwa perjanjian ini akan menguntungkan kedua negara dan rakyat persaudaraan, dan akan meningkatkan stabilitas dan kemakmuran regional dan internasional.

Dalam pernyataannya, Sekretariat Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) juga menyambut baik penegasan kedua negara atas penghormatan terhadap kedaulatan negara, tidak mencampuri urusan dalam negeri negara, dan kesediaan mereka untuk menyelesaikan perselisihan. melalui diplomasi dan dialog.

Sekretaris Jenderal OKI Hissein Brahim Taha menyatakan harapannya bahwa perjanjian tersebut akan berkontribusi untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas regional serta meningkatkan kerja sama di antara negara-negara anggota organisasi yang berbasis di Jeddah.

Menteri Negara Arab Saudi, Anggota Kabinet, dan Penasihat Keamanan Nasional Dr. Musaed bin Mohammed al-Aiban mengatakan perjanjian tersebut berasal dari komitmen berkelanjutan dan konsisten Arab Saudi, sejak pendiriannya, dengan prinsip-prinsip bertetangga yang baik, untuk mengejar semua yang memperkuat keamanan dan stabilitas di kawasan dan dunia, dan mengadopsi prinsip dialog dan diplomasi untuk menyelesaikan perbedaan pendapat.

“Pembicaraan mencakup tinjauan ekstensif tentang penyebab ketidaksepakatan kami dan cara untuk menanganinya. Arab Saudi sangat menginginkan hal ini terjadi dalam kerangka ikatan persaudaraan kedua negara, membuka halaman baru berdasarkan komitmen terhadap prinsip dan tujuan Piagam Perserikatan Bangsa-bangsa dan Organisasi Kerjasama Islam, dan norma serta konvensi internasional.”

“Selain itu, apa yang telah dicapai, dalam hal penegasan prinsip-prinsip penghormatan terhadap kedaulatan negara dan non intervensi urusan dalam negeri negara, dianggap sebagai pilar dasar dalam pengembangan hubungan antar negara dan peningkatan keamanan, dan stabilitas di kawasan kita, yang pada gilirannya akan menguntungkan kedua negara dan kawasan secara umum, serta memperkuat perdamaian dan keamanan kawasan dan internasional.”

Menyusul pengumuman hari Jumat, Arab Saudi dan Iran sekarang akan membuka kembali kedutaan dan bertukar duta besar dalam jangka waktu dua bulan.

Riyadh dan Teheran juga sepakat untuk mengaktifkan perjanjian kerjasama keamanan yang ditandatangani pada tahun 2001 dan perjanjian perdagangan, ekonomi dan investasi yang ditandatangani pada tahun 1998.

Menurut pernyataan itu, Presiden China Xi Jinping telah berinisiatif untuk menjadi tuan rumah dan mensponsori pembicaraan antara delegasi dari Iran dan Arab Saudi untuk menyelesaikan perselisihan melalui dialog dan diplomasi.

Delegasi Saudi dipimpin oleh Menteri Negara dan Penasihat Keamanan Nasional Musaed bin Mohammed al-Aiban, sedangkan delegasi Iran dipimpin oleh Laksamana Muda Ali Shamkhani, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi.

Selama pembicaraan, China diwakili oleh Anggota Biro Politik Komite Sentral CPC dan Direktur Kantor Komisi Pusat Luar Negeri, Wang Yi.

Arab Saudi dan Iran berterima kasih kepada China karena telah menjadi tuan rumah dan mensponsori pembicaraan baru-baru ini dan atas upaya yang dilakukan untuk membantu mereka berhasil. Mereka juga berterima kasih kepada Irak dan Oman karena telah menyelenggarakan sesi dialog antara perwakilan kedua negara pada tahun 2021 dan 2022. (dengan Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home