Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:36 WIB | Kamis, 03 September 2020

Arab Saudi Izinkan Penerbangan dari Semua Negara Melintasi Negara itu ke UEA

Menteri Luar Negeri UEA, Anwar Gargash, bertemu dengan Penasihat Israel dan Kepala Dewan Keamanan Nasional Israel, Meir Ben-Shabbat, pada hari Selasa (1/9) di Abu Dhabi, UEA. (Foto: WAM)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM-Arab Saudi mengatakan akan mengizinkan penerbangan "dari semua negara" melintasi langit negara itu untuk mencapai Uni Emirat Arab (UEA).

Pengumuman oleh Saudi Press Agency (SPA) pada hari Rabu (2/9) disampaikan beberapa hari setelah Arab Saudi mengizinkan penerbangan penumpang komersial langsung pertama Israel menggunakan wilayah udaranya untuk mencapai UEA. Ini menandakan persetujuan untuk terobosan kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat oleh Uni Emirat Arab untuk menormalkan hubungan dengan Israel.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri UEA, Anwar Gargash, telah bertemu dengan Penasihat Israel dan Kepala Dewan Keamanan Nasional Israel, Meir Ben-Shabbat, pada hari Selasa (1/9) untuk membahas peluang kerja sama bilateral.

Dalam pembicaraan keduanya membahas peningkatan peluang perdamaian dan stabilitas di kawasan. “Yang Mulia menekankan bahwa Perjanjian Perdamaian UEA-Israel merupakan langkah positif dalam memajukan peluang perdamaian di kawasan dan akan membangun hubungan bilateral yang kuat di beberapa bidang: ekonomi, ilmiah, teknologi, perkembangan dan budaya serta pariwisata,” kata pernyataan pada kantor berita Emirat, WAM.

Israel dan UEA sepakat untuk membentuk komite bersama kerja sama jasa keuangan dengan tujuan mempromosikan investasi antara kedua negara, kata pernyataan Israel.

Pejabat Amerika dan Israel mendarat di Abu Dhabi pada hari Senin, menjadi penumpang pertama dalam sejarah yang terbang langsung dari Israel ke UEA. Penerbangan tersebut merupakan perkembangan terbaru dalam normalisasi hubungan antara kedua negara setelah perjanjian bersejarah bilateral yang diumumkan pada 13 Agustus.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home