Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 19:36 WIB | Minggu, 10 April 2022

Arab Saudi Izinkan Satu Juta Orang untuk Ibadah Haji Tahun 2022

Peziarah berdoa di Masjidil Haram selama ziarah haji tahunan di kota suci mereka Mekkah, Arab Saudi 8 Agustus 2019. (Foto: dok. Reuters)

MEKAH, SATUHARAPAN.CO9M-Arab Saudi mengatakan pada hari Sabtu (9/4) akan mengizinkan satu juta Muslim dari dalam dan luar negeri untuk berpartisipasi dalam ibadah haji tahun ini, peningkatan tajam angka jemaah setelah pembatasan pandemi yang memaksa dua tahun pengurangan jemaah haji.

Kementerian Haji “telah mengizinkan satu juta peziarah, baik asing maupun domestik, untuk melakukan haji tahun ini,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Biasanya salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia itu mencakup sekitar 2,5 juta orang ambil bagian pada 2019.

Tetapi setelah dimulainya pandemi coronavirus pada tahun 2020, otoritas Arab Saudi mengizinkan hanya 1.000 peziarah untuk berpartisipasi dalam upaya memprioritaskan kesehatan para peziarah.

Tahun berikutnya, Kerajaan meningkatkan total menjadi 60.000 penduduk yang divaksinasi lengkap yang dipilih melalui undian.

Pengumuman hari Sabtu (9/4) mengatakan haji tahun ini akan memungkinkan peziarah yang divaksinasi di bawah usia 65 tahun.

Mereka yang datang dari luar Arab Saudi akan diminta untuk menyerahkan hasil tes PCR negatif COVID-19 dari tes yang dilakukan dalam waktu 72 jam perjalanan.

Pemerintah ingin memastikan keselamatan peziarah "sambil memastikan bahwa jumlah maksimum Muslim di seluruh dunia dapat melakukan haji", kata pernyataan itu. (Arab News)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home