Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 01:00 WIB | Minggu, 06 Juli 2014

Argentina Pulangkan Setan Merah Eropa 1-0

Argentina Pulangkan Setan Merah Eropa 1-0
Gonzalo Higuain, penyerang Argentina (kaus putih biru) mencoba melewati Daniel Van Buyten (kaus merah, Belgia). (Foto-foto: fifa.com).
Argentina Pulangkan Setan Merah Eropa 1-0
Para pendukung Belgia di tribun penonton.
Argentina Pulangkan Setan Merah Eropa 1-0
Gonzalo Higuain, penyerang Argentina (kaus putih biru) mencoba melewati Daniel Van Buyten (kaus merah, Belgia).
Argentina Pulangkan Setan Merah Eropa 1-0
Pendukung Belgia di tribun penonton.
Argentina Pulangkan Setan Merah Eropa 1-0
Pendukung Belgia di tribun penonton.
Argentina Pulangkan Setan Merah Eropa 1-0
Para pendukung Argentinadi tribun penonton.
Argentina Pulangkan Setan Merah Eropa 1-0
Para pendukung Argentina di tribun penonton.

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM – Argentina mengalahkan negara dengan julukan Setan Merah Eropa, Belgia dengan kedudukan akhir 1-0 pada perempat final Piala Dunia 2014, yang berlangsung Sabtu (5/7) malam WIB, di Stadion Nacional, Brasilia Brasil.

Argentina memimpin menit kedelapan melalui Gonzalo Higuian, gol dicetak penyerang yang bermain di Napoli tersebut dari tendangan voli, walau di bawah pengawalan ketat salah seorang bek Belgia, Daniel Van Buyten. Sebelumnya mantan penyerang Real Madrid itu memanfaatkan bola hasil sodoran Angel Di Maria.

Lavezzi nyaris memperbesar keunggulan tim Tnago menit ke-13, tetapi bola tepat di dalam jangkauan penjaga gawang Belgia, Thibaut Courtois. 

Belgia yang tersengat mencoba langsung membalas, bola eksekusi tendangan Kevin de Bruyne, tetapi bola masih melenceng dari gawang Argentina. Menit ke-26 lagi-lagi peluang dari Belgia digagalkan Sergio Romero di bawah gawang Argentina, dan De Bruyne gagal karena ditepis Romero.

Argentina tidak tinggal diam, karena menit ke-32 kerja sama Messi dan Di Maria nyaris menggandakan keunggulan, berawal dari gagalnya bek Belgia, Vincent Kompany menghadang pergerakan Di Maria yang menggiring bola, saat mendekati kotak penalti dan pemain Real Madrid ini hendak melepaskan bola Kompany masih dapat menghalaunya.   

Peluang  bagi tim Tango  menambah keunggulan didapat menit ke-39, kala Messi dilanggar di luar  kotak penalti. Messi mengambil sendiri kesempatan tersebut, tapi bola melambung melewati mistar Courtois.

Saat babak pertama usai, Argentina yang unggul, ternyata keteteran mempertahankan dominasi bola, karena statisik resmi mencatat mereka hanya menguasai 42 persen bola, sementara negara berjuluk Setan Merah Eropa itu malah 58 persen.

Gonzalo Higuain yang kurang bersinar bagi Argentina pada penyisihan Grup F, pada pertandingain ini lebih bersinar dari Lionel Messi, penyerang Napoli ini mendapat kesempatan mencetak gol keduanya setelah mendapat umpan si kulit bundar dari Enzo Perez, akan tetapi walau dia berhasil melewati dua bek Belgia, Vincent Kompany dan Van Buyten, namun bola membentur mistar gawang.

Belgia mengancam dan nyaris menyamakan kedudukan menit ke-61, kali ini umpan dari Jan Verthongen yang bebas menggiring bola dari garis tengah lapangan, tepat mengarah ke kepala Marouane Fellaini yang siap siaga di depan gawang Argentina tetapi malang karena bola sundulan gelandang Manchester United ini hanya bersarang di atas jaring gawang Argentina.

Walau wasit Nicola Rizzoli yang memimpin jalannya pertandingan memberi lima menit waktu ekstra, akan tetapi Argentina terlalu tangguh bagi Belgia, dan saat Rizzoli meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan kedudukan 1-0 bagi Argentina.

Susunan Pemain:

Argentina:  Sergio Romero, Pablo Zabaleta, Ezequiel Garay, Jose Maria Basanta, Martin Demichelis, Lucas Biglia, Ezequiel Lavezzi, Angel Di Maria, Javier Mascherano, Gonzalo Higuain, Lionel Messi

Belgia: Thibaut Courtois, Daniel van Buyten, Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Axel Witsel, Marouane Fellaini, Kevin Mirallas, Eden Hazard, Kevin de Bruyne, Divock Origi. (livescore.com/fifa.com/bbc.co.uk)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home