Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 06:32 WIB | Selasa, 25 Agustus 2020

Arkeolog Israel Temukan Koin Emas Islam Zaman Abbasiyah

Arkeolog Israel Temukan Koin Emas Islam Zaman Abbasiyah
Arkeolog Israel, Shahar Krispin, memamerkan koin emas yang ditemukan di sebuah situs arkeologi di Israel tengah, hari Selasa (18/8/2020. (Foto: AP)
Arkeolog Israel Temukan Koin Emas Islam Zaman Abbasiyah
Koin emas yang diduga dari zaman Abbasiyah di lokasi penemuan. (Foto: AP)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Arkeolog Israel pada hari Senin (24/8) mengumumkan penemuan harta karun berupa koin emas Islam awal yang ditemukan selama penggalian penyelamatan baru-baru ini di dekat pusat kota Yavne.

Koleksi 425 koin emas lengkap, sebagian besar berasal dari periode Abbasiyah sekitar 1.100 tahun yang lalu, adalah penemuan yang "sangat langka", kata arkeolog Israel Antiquities Authorities, Liat Nadav-Ziv dan Elie Haddad, dalam sebuah pernyataan bersama.

Harta karun, yang digali oleh relawan muda, juga termasuk ratusan kliping kecil dari koin emas yang akan berfungsi sebagai denominasi yang lebih kecil.

Robert Kool, seorang ahli koin dengan otoritas barang antik, mengatakan analisis awal menunjukkan tanggal koin dari akhir abad ke-9, dianggap sebagai zaman keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang menguasai sebagian besar Timur Dekat dan Afrika Utara.

Penemuan itu merupakan salah satu tempat penyimpanan koin kuno terbesar yang ditemukan di Israel. Pada 2015, penyelam amatir menemukan sekitar 2.000 koin emas di lepas pantai kota pelabuhan kuno Caesarea yang berasal dari periode Fatimiyah pada abad ke-10 dan ke-11.

“Semoga studi tentang penimbunan akan memberi tahu kita lebih banyak hal tentang periode yang masih sangat sedikit kita ketahui,” kata Kool. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home