Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 10:49 WIB | Rabu, 28 April 2021

Arkeolog Temukan Makam Kuno dari Masa 6.000 SM di Mesir

Arkeolog Temukan Makam Kuno dari Masa 6.000 SM di Mesir
Foto menunjukkan makam kuno yang digali baru-baru ini, beberapa dengan sisa-sisa manusia, di Provinsi Delta Nil, Dakahlia, Mesir. (Foto-foto: Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir via AP)
Arkeolog Temukan Makam Kuno dari Masa 6.000 SM di Mesir
Makam kuno yang digali baru-baru ini dengan sisa-sisa jasad manusia.

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Arkeolog Mesir menemukan 110 makam di sebuah situs kuno di Provinsi Delta Nil, kata Kementerian Pariwisata dan Purbakala, hari Selasa (27/4).

Makam itu, beberapa di antaranya memiliki sisa-sisa manusia di dalamnya, ditemukan di situs arkeologi Koum El-Khulgan di Provinsi Dakahlia, sekitar 150 kilometer timur laut Kairo, kata kementerian itu.

Mereka termasuk 68 makam berbentuk oval yang berasal dari Periode Predinastik yang membentang dari 6.000-3.150 Sebelum Masehi, kata kementerian itu.

Ada juga 37 makam berbentuk persegi panjang dari zaman kuno yang dikenal sebagai Periode Menengah Kedua (1.782-1.570 SM), ketika orang Semit dari Hyksos memerintah Mesir kuno, tambah kementerian itu.

Lima makam berbentuk oval yang tersisa berasal dari periode Naqada III yang membentang dari sekitar 3.200 SM. sampai 3.000 SM

Arkeolog juga menemukan sisa-sisa manusia dewasa dan anak-anak serta peralatan penguburan dan benda tembikar di kuburan ini, kata kementerian itu.

Penemuan ini adalah yang terbaru dari serangkaian penemuan arkeologi dalam beberapa tahun terakhir di mana Mesir telah mencari publisitas dengan harapan dapat menghidupkan kembali sektor pariwisatanya.

Pariwisata Mesir telah terluka parah oleh gejolak menyusul pemberontakan tahun 2011 dan sekarang pandemi virus corona. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home