Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:47 WIB | Sabtu, 06 Agustus 2022

AS Akan Bantu Senjata Lagi untuk Ukraina Senilai US$1 Miliar

Pemandangan menunjukkan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 (HIMARS) ditembakkan di lokasi yang dirahasiakan, di Ukraina. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Paket bantuan keamanan berikutnya dari pemerintahan Biden untuk Ukraina diperkirakan mencapai US$1 miliar, salah satu yang terbesar sejauh ini, dan termasuk amunisi untuk senjata jarak jauh dan kendaraan transportasi medis lapis baja, kata tiga sumber yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat (5/8).

Paket itu diharapkan akan diumumkan pada hari Senin pagi dan akan menambah sekitar US$8,8 miliar bantuan yang telah diberikan Amerika Serikat kepada Ukraina sejak invasi Rusia pada 24 Februari.

Para pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa Presiden Joe Biden belum menandatangani paket bantuan senjata berikutnya. Mereka memperingatkan bahwa paket senjata dapat berubah nilai dan isinya sebelum ditandatangani.

Namun, jika ditandatangani dalam bentuknya yang sekarang, itu akan bernilai US$1 miliar dan termasuk amunisi untuk HIMARS, amunisi sistem rudal permukaan-ke-udara NASAMS dan sebanyak 50 transportasi medis lapis baja M113.

Paket baru tersebut mengikuti keputusan Pentagon baru-baru ini untuk mengizinkan warga Ukraina menerima perawatan medis di sebuah rumah sakit militer AS di Jerman dekat pangkalan udara Ramstein.

Senin lalu, Pentagon mengumumkan paket bantuan keamanan terpisah untuk Ukraina senilai hingga US$550 juta, termasuk amunisi tambahan untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS). Gedung Putih menolak mengomentari paket tersebut.

Paket baru akan didanai di bawah Presidential Drawdown Authority (PDA), di mana presiden dapat mengizinkan transfer artikel dan layanan dari saham AS tanpa persetujuan kongres dalam menanggapi keadaan darurat.

HIMARS memainkan peran kunci dalam pertempuran artileri antara Ukraina dan Rusia telah digambarkan sebagai sangat sedikit pergerakan garis depan di wilayah Donbas timur Ukraina.

Sejak pasukan Rusia menyerbu perbatasan pada Februari dalam apa yang disebut Putin sebagai “operasi militer khusus”, konflik telah berakhir menjadi perang gesekan yang terjadi terutama di timur dan selatan Ukraina.

Moskow berusaha untuk menguasai Donbas yang sebagian besar berbahasa Rusia, terdiri dari provinsi Luhansk dan Donetsk, tempat separatis pro Moskow merebut wilayah setelah Kremlin mencaplok Krimea di selatan pada tahun 2014.

Sejauh ini Amerika Serikat telah mengirimkan 16 HIMARS ke Ukraina, dan pada 1 Juli berjanji akan mengirimkan dua National Advanced Surface-to-Air Missile Systems (NASAMS).

Amerika Serikat sebelumnya mengirimkan 200 pengangkut personel lapis baja M113 ke Ukraina. Pengangkut personel lapis baja yang dilengkapi dengan peralatan medis dapat membuat pertempuran dengan Rusia lebih memungkinkan bagi pasukan Ukraina yang kemudian dapat dikirim ke Jerman untuk perawatan medis lebih lanjut.

Pemerintah Kiev mengatakan pada bulan Juni bahwa 100 hingga 200 tentara Ukraina terbunuh per hari. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home