Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:49 WIB | Jumat, 09 Juni 2023

AS Bantu Rp 2,2 Triliun untuk Suriah dan Irak, Dampak Kekerasan ISIS

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, tengah, dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan, kanan tengah, menghadiri pertemuan multilateral di Hotel Intercontinental di Riyadh, Arab Saudi Kamis, 8 Juni 2023. (Foto: Ahmad Yosri/pool via AP)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengatakan bahwa AS akan memberikan US$ 150 juta (setara Rp 2,2 triliun) bantuan untuk daerah-daerah di Suriah dan Irak yang dibebaskan dari kelompok ekstremis Negara Islam (ISIS).

Dia berbicara pada konferensi menteri yang diselenggarakan oleh Arab Saudi untuk memerangi kelompok ISIS, yang tidak lagi menguasai wilayah mana pun, tetapi afiliasinya masih melakukan serangan di seluruh Afrika, Asia, dan Timur Tengah.

Koalisi Global untuk Mengalahkan ISIS mencakup lebih dari 80 negara dan terus mengkoordinasikan tindakan melawan kelompok ekstremis, yang pada puncaknya menguasai sebagian besar wilayah Suriah dan Irak. Blinken mengatakan janji AS adalah bagian dari pendanaan baru sebesar lebih dari US$ 600 juta (setara Rp9 triliun).

“Kondisi keamanan dan kemanusiaan yang buruk. Kurangnya kesempatan ekonomi. Ini adalah bahan bakar untuk jenis keputusasaan yang disuapi dan direkrut oleh ISIS,” katanya dalam sambutan singkat pada pembukaan konferensi, menggunakan akronim umum untuk kelompok ekstremis. “Jadi kita harus tetap berkomitmen pada tujuan stabilisasi kita.”

Blinken tidak merinci, tetapi bantuan AS ke Suriah diperkirakan akan mengalir melalui sekutunya Kurdi, PBB atau kelompok bantuan internasional, karena AS dan negara-negara Barat lainnya mempertahankan sanksi terhadap pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Blinken menjadi tuan rumah bersama konferensi tersebut sebagai bagian dari kunjungan dua hari ke kerajaan itu di mana dia bertemu dengan pejabat senior Arab Saudi, termasuk pemimpin de facto negara itu, Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Blinken juga menghadiri pertemuan para menteri luar negeri Teluk.

Perubahan Arab Saudi

Amerika Serikat telah dipaksa untuk mengkalibrasi ulang aliansi selama puluhan tahun dengan Arab Saudi karena kerajaan tersebut berusaha untuk mengubah dirinya menjadi pemain global yang tidak terikat dengan Washington.

Di bawah putra mahkota, kerajaan kaya minyak itu telah memulai transformasi ekonomi dan sosial besar-besaran yang bertujuan mengurangi ketergantungannya pada minyak dan menarik perdagangan, investasi, dan pariwisata. Dalam beberapa tahun terakhir, kerajaan telah mencabut larangan mengemudi bagi perempuan, mengesampingkan polisi agama yang pernah ditakuti dan mulai mengadakan konser, dan mengunjungi selebritas, yang semuanya tidak terpikirkan satu dekade lalu, ketika kerajaan itu terkenal secara internasional karena aturan ultra konservatifnya Islam.

Sementara itu, Saudi telah meluncurkan upaya diplomatik luas untuk mengakhiri perang mereka di Yaman, menyelesaikan krisis dengan Qatar, memulihkan hubungan dengan musuh bebuyutan, Iran, dan menyambut Presiden Suriah, Bashar al-Assad kembali ke Liga Arab setelah boikot selama 12 tahun.

Kesibukan diplomasi termasuk menjangkau musuh AS seperti Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang berbicara dengan putra mahkota melalui telepon pada Rabu malam, dan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, yang mengunjungi Arab Saudi dan bertemu dengan putra mahkota sesaat sebelum kedatangan Blinken.

Arab Saudi juga menolak tekanan AS untuk menurunkan harga minyak karena mereka mencari pendapatan untuk mendanai apa yang mereka anggap sebagai "gigaprojects", seperti kota futuristik senilai US$500 miliar yang sedang dibangun di Laut Merah.

Kerajaan juga bekerja keras mengubah dirinya menjadi kekuatan global dalam dunia olah raga, menarik bintang sepak bola seperti Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema ke klub lokalnya dengan kontrak mewah dan melakukan merger komersial dengan tur PGA.

Arab Saudi mengatakan mereka mengejar kepentingan nasional mereka sendiri di dunia yang semakin ditentukan oleh persaingan kekuatan besar. Selain meningkatkan hubungan dengan musuh Washington, Arab Saudi juga telah menyelesaikan perselisihan dengan Kanada dan mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, sekutu dekat Barat, untuk berpidato di KTT Liga Arab bulan lalu.

Kritikus mengatakan upaya diplomatik dan dorongan ke olah raga internasional ditujukan untuk memperbaiki citra kerajaan setelah pembunuhan dan mutilasi wartawan Jamal Khashoggi pada 2018, seorang pembangkang Arab Saudi terkemuka dan kolumnis Washington Post. Intelijen AS menyimpulkan bahwa Pangeran Mohammed kemungkinan menyetujui operasi yang dilakukan oleh agen Arab Saudi, tuduhan yang dibantahnya.

Kritikus juga menunjukkan tindakan keras yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap perbedaan pendapat dalam beberapa tahun terakhir, dengan pihak berwenang memenjarakan semua orang mulai dari aktivis hak-hak perempuan liberal hingga Islamis ultra konservatif, dan bahkan menargetkan warga Arab Saudi yang tinggal di Amerika Serikat.

Departemen Luar Negeri mengatakan Blinken terlibat dalam diskusi luas dengan Arab Saudi dan pejabat Arab lainnya, termasuk mengakhiri perang di Yaman, menopang gencatan senjata AS-Saudi yang sering dilanggar di Sudan, dan mengurangi gesekan Israel-Palestina. Dikatakan dia juga mengemukakan masalah hak asasi manusia, tetapi tidak jelas apakah dia telah meyakinkan Arab Saudi untuk membebaskan tahanan atau mencabut larangan bepergian.

Sebagai calon, President Joe Biden telah bersumpah untuk menjadikan Arab Saudi sebagai "pariah" atas pembunuhan Khashoggi, tetapi dia terpaksa mundur tahun lalu dalam menghadapi kenaikan harga minyak, akhirnya bertemu dengan putra mahkota dan berbagi hal yang banyak diperdebatkan dengannya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home