Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 18:53 WIB | Senin, 30 Januari 2023

AS, Belanda dan Jepang Batasi China pada Akses Bahan Pembuatan Chip Komputer

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, kiri, berbicara dengan Presiden AS, Joe Biden, selama pertemuan meja bundar di KTT NATO di Madrid, Spanyol, 29 Juni 2022. (Foto: dok. AP/Susan Walsh/pool)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Jepang dan Belanda telah menyetujui kesepakatan dengan Amerika Serikat untuk membatasi akses China ke bahan yang digunakan untuk membuat chip komputer canggih, seseorang yang mengetahui perjanjian tersebut mengatakan kepada The Associated Press pada hari Minggu (29/1).

Orang tersebut menolak untuk diidentifikasi karena kesepakatan tersebut belum diumumkan secara resmi. Tidak jelas kapan ketiga pihak akan mengungkap perjanjian tersebut. Gedung Putih menolak berkomentar.

Pemerintahan Joe Biden pada Oktober memberlakukan kontrol ekspor untuk membatasi kemampuan China mengakses chip canggih, yang katanya dapat digunakan untuk membuat senjata, melakukan pelanggaran hak asasi manusia, dan meningkatkan kecepatan dan akurasi logistik militernya. Ini mendesak sekutu seperti Jepang dan Belanda untuk mengikutinya.

China menanggapi dengan marah, mengatakan pembatasan perdagangan akan mengganggu rantai pasokan dan pemulihan ekonomi global.

“Kami berharap negara-negara terkait akan melakukan hal yang benar dan bekerja sama untuk menegakkan rezim perdagangan multilateral dan menjaga stabilitas rantai industri dan pasokan global,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, awal bulan ini. “Ini juga akan berfungsi untuk melindungi kepentingan jangka panjang mereka sendiri.”

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan pada hari Jumat (27/1) bahwa pejabat Belanda dan Jepang berada di Washington untuk pembicaraan yang dipimpin oleh penasihat keamanan nasional Presiden Joe Biden, Jake Sullivan, yang mencakup "keselamatan dan keamanan teknologi baru", upaya untuk membantu Ukraina dan lainnya masalah.

“Kami bersyukur mereka bisa datang ke DC dan melakukan pembicaraan ini,” kata Kirby.

Kirby menolak mengatakan apakah ada kesepakatan tentang kontrol ekspor yang lebih ketat pada teknologi semikonduktor. Bulan ini, Biden bertemu secara terpisah dengan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, dan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, untuk mendorong kontrol ekspor yang lebih ketat.

Dalam konferensi pers pekan lalu, Rutte ditanya tentang pembicaraan tersebut tetapi mengatakan bahwa pembicaraan tersebut melibatkan "materi yang sangat sensitif ... teknologi berkualitas tinggi yang dipilih oleh pemerintah Belanda untuk dikomunikasikan dengan sangat hati-hati dan itu berarti dengan cara yang sangat terbatas."

Veldhoven, ASML yang berbasis di Belanda, pembuat peralatan produksi semikonduktor terkemuka, mengatakan pada hari Minggu (29/1) bahwa mereka tidak mengetahui detail apa pun tentang perjanjian tersebut atau bagaimana hal itu akan memengaruhi bisnis ASML.

ASML adalah satu-satunya produsen mesin di dunia yang menggunakan litografi ultraviolet ekstrim untuk membuat chip semikonduktor canggih. Pemerintah Belanda telah melarang ASML mengekspor peralatan tersebut ke China sejak 2019, tetapi perusahaan tersebut masih mengirimkan sistem litografi berkualitas rendah ke China.

ASML memiliki pusat penelitian dan manufaktur di Beijing dan Shenzhen, China, serta kantor pusat regional di Hong Kong.

Pejabat AS mengatakan China menghabiskan banyak uang untuk mengembangkan produsen semikonduktornya yang masih baru, tetapi sejauh ini tidak dapat membuat chip kelas atas yang digunakan di smartphone paling canggih dan perangkat lainnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home