Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:23 WIB | Kamis, 19 Mei 2022

AS Buka Kembali Kedutaan Besarnya di Kiev, Ukraina

Petugas mengibarkan bendera di luar kedutaan AS di Kiev, Ukraina pada 18 Mei 2022, saat kedutaan dibuka kembali setelah ditutup selama tiga bulan karena invasi Rusia. (Foto: AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengumumkan pembukaan kembali Kedutaan Besar AS di Kiev, Ukraina, tiga bulan setelah ditutup karena invasi Rusia ke Ukraina.

“Hari ini kami secara resmi melanjutkan operasi di Kedutaan Besar AS di Kiev. Orang-orang Ukraina, dengan bantuan keamanan kami, telah mempertahankan tanah air mereka dalam menghadapi invasi Rusia yang tidak berbudi, dan, sebagai hasilnya, Bintang dan Garis  (Stars and Stripes/ bendera AS) berkibar di atas Kedutaan sekali lagi,” kata Blinken dalam sebuah pernyataan.

Namun dia mencatat bahwa AS telah mengambil "langkah-langkah tambahan" untuk melindungi para diplomat yang kembali ke ibu kota Ukraina.

Meski mengakui bahwa perang masih jauh dari selesai, Blinken mengatakan AS sedang menegaskan kembali komitmennya kepada rakyat dan pemerintah Ukraina.

“Kami berdiri dengan bangga, dan terus mendukung, pemerintah dan rakyat Ukraina saat mereka membela negara mereka dari perang agresi brutal Kremlin,” kata Blinken.

Seorang pejabat kedutaan AS sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa operasi konsuler tidak akan dilanjutkan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home