Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:56 WIB | Kamis, 11 Juni 2020

AS Cegat Pesawat Tempur Rusia di Alaska

Gambar diambil pada 9 Maret 2020 menunjukkan pesawat milik NORAD, F-22, didukung oleh KC-135 Stratotankers dan pesawat E-3 Sentry Airborne Warning and Control System, mencegat dua pasang pesawat Tu-142 Rusia memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska. (Foto: dok. AFP)

ALASKA, SATUHARAPAN.COM-Jet tempur Amerika Serikat mencegat pesawat pembom Rusia dua kali pada hari Rabu (10/6) di lepas pantai Alaska, kata komando pertahanan udara AS. Pencegatan terjadi kurang dari dua pekan setelah pesawat pembom AS bertemu dengan jet Rusia di Laut Hitam.

Komando Pertahanan Aerospace Amerika Utara (NORAD) mengatakan pesawat F-22 Raptors AS mencegat formasi pesawat pembom Rusia pada hari Rabu pagi yang datang dalam jarak 20 mil laut (37 kilometer) dari pantai Alaska.

Formasi itu terdiri dari dua pesawat pembom TU-95, dua jet tempur SU-35 dan sebuah pesawat peringatan dini dan kontrol udara A-50, kata NORAD. Formasi kedua terdiri dari dua pesawat pembom TU-95 dan A-50 dan datang dalam jarak 32 mil laut (60 kilometer) dari pantai Alaska.

NORAD mengatakan pesawat tempur Rusia tetap berada di wilayah udara internasional setiap saat dan belum memasuki wilayah udara AS.

AS mempertahankan Zona Identifikasi Pertahanan Udara di lepas pantai Alaska yang melampaui wilayah nasional untuk memungkinkan tanggapan terhadap kemungkinan serangan yang bermusuhan.

"Patroli udara terbang melindungi pendekatan ke negara-negara kita dan mengirimkan pesan yang jelas bahwa kita terus melaksanakan misi pertahanan tanah air kita dengan kemampuan dan kapasitas yang sama dengan yang selalu kita bawa untuk berperang," kata komandan NORAD, Jenderal Terrence O'Shaughnessy, dalam sebuah pernyataan.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada 29 Mei bahwa dua pesawat pembom B-1B AS telah dicegat oleh pesawat-pesawat tempur Rusia selama penerbangan di Laut Hitam. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home