Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:03 WIB | Selasa, 19 Mei 2020

AS: China Harus Membayar WHO Lebih dari US$ 2 Miliar

China Setuju Peninjauan Komprehensif Penanganan Awal Pandemi COVID-19.
Presiden China, Xi Jinping, menyampaikan pidato melalui tautan video pada pembukaan pertemuan virtual Majelis Kesehatan Dunia dari kantor pusat WHO di Jenewa. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat pada hari Senin (18/5) mengatakan bahwa China harus membayar lebih dari US$ 2 miliar yang dijanjikannya kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dan menyebut janji itu sebagai tanda untuk mengalihkan perhatian dari apa yang diklaim administrasi Trump sebagai kegagalan Beijing untuk memperingatkan dunia dengan baik tentang wabah virus corona.

Komitmen China "adalah tanda untuk mengalihkan perhatian dari seruan semakin banyak negara yang menuntut pertanggungjawaban atas kegagalan pemerintah China untuk memenuhi kewajibannya... untuk mengatakan kebenaran dan memperingatkan dunia tentang apa yang akan datang," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Ullyot dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya China menyatakan akan menyediakan US$ 2 miliar selama dua tahun untuk memerangi pandemi virus corona, seperti dikatakan Presiden Xi Jinping pada hari Senin. Itu dimaksudkan untuk WHO dan upayanya mengatasi pandemi. Hal itu disampaikan ketika pemerintahan Trump telah memangkas dana untuk badan kesehatan PBB itu.

Blok 27 negara Uni Eropa dan negara-negara lain, sementara itu, menyerukan evaluasi independen atas tanggapan awal WHO terhadap pandemi virus corona “untuk meninjau pengalaman yang didapat dan pelajaran yang didapat.''

China Dukung Peninjauan Komprehensif

Dalam pidatonya di Majelis Kesehatan Dunia, Xi mengatakan China telah memberikan semua data wabah yang relevan kepada WHO dan negara-negara lain, termasuk urutan genetik virus, “dengan cara yang paling tepat waktu.”

"Kami telah berbagi pengalaman kontrol dan perawatan dengan dunia tanpa syarat," kata Xi. "Kami telah melakukan segala daya kami untuk mendukung dan membantu negara-negara yang membutuhkan."

Dana sebesar US$ 2 miliar selama dua tahun ke depan akan mendukung upaya tanggapan COVID-19, terutama di negara-negara berkembang, kata Xi.

Resolusi Uni Eropa mengusulkan bahwa evaluasi independen harus dimulai "pada saat yang tepat paling awal" dan harus, di antara masalah lain, memeriksa "tindakan WHO dan jadwal waktu mereka yang berkaitan dengan pandemi COVID-19."

WHO mengumumkan wabah virus corona sebagai keadaan darurat kesehatan global pada 30 Januari, tingkat siaga tertinggi. Dalam pekan-pekan berikutnya, WHO memperingatkan negara-negara bahwa ada "jendela peluang" yang menyempit untuk mencegah virus menyebar secara global.

Namun para pejabat WHO berulang kali menggambarkan penularan virus sebagai "terbatas" dan mengatakan itu tidak menular seperti flu; para ahli sejak itu mengatakan COVID-19 menyebar lebih cepat. Ia menyatakan wabah itu sebagai pandemi pada 11 Maret, setelah virus itu membunuh ribuan orang secara global dan memicu epidemi besar di Korea Selatan, Italia, Iran dan di tempat lain.

Xi mengatakan ia juga mendukung gagasan tinjauan komprehensif tanggapan global terhadap COVID-19. "Pekerjaan ini harus didasarkan pada sains dan profesionalisme, yang dipimpin oleh WHO dan dilakukan secara objektif dan tidak memihak," katanya.(AP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home