Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 01:07 WIB | Selasa, 02 Juni 2015

AS dan Korsel Mulai Latihan Anti Kapal Selam

Tank K-2 tentara Korea Selatan melepaskan tembakan dalam latihan penembakan di Yangpyeong, 60 kilometer bagian timur Seoul, pada 11 Februari 2015. (Foto: AFP)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM – Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) memulai latihan anti kapal selam pada Senin (1/6), beberapa pekan setelah Korea Utara mengklaim sudah berhasil melakukan uji coba peluru kendali balistik berbasis kapal selam.

Kementerian Pertahanan Korsel menyebut latihan tersebut sebagai latihan anti kapal selam terbesar yang pernah dilakukan kedua negara sekutu itu, baik dalam hal skala maupun jumlah kapal yang terlibat.

Latihan itu dilakukan selama tiga hari di lepas pantai pulau selatan Jeju dan bertujuan untuk mengatasi provokasi dari kapal selam Korea Utara, dengan melibatkan lebih dari 10 kapal, termasuk kapal perusak Korsel, Aegis, serta kapal selam, pesawat pengintai dan helikopter.

Kementerian tersebut juga mengungkapkan, unit artileri Korea Selatan, kapal angkatan laut dan pesawat tempur melakukan latihan gabungan langsung di lepas pantai bagian timur daerah Goseong, bagian selatan perbatasan Korea Utara.

Latihan tersebut dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap ekspansi program senjata nuklir dan peluru kendali balistik Korea Selatan.

Selain menguji kapal selam, Pyongyang baru-baru ini juga meningkatkan kemampuannya dalam mengecilkan hulu ledak nuklir agar cocok dengan roket jarak jauh yang memiliki ketepatan tinggi. (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home