Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:01 WIB | Sabtu, 02 Juli 2022

AS dan Taliban Bahas Bantuan untuk Korban Gempa Bumi

Seorang pria menurunkan paket bantuan dari sebuah truk pasokan di daerah yang dilanda gempa di desa Wor Kali di distrik Barmal, Provinsi Paktika, Afghanistan, pada 25 Juni 2022. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pembicaraan antara Amerika Serikat dan Taliban Afghanistan berlanjut di Doha awal pekan ini untuk membahas bantuan bagi korban gempa bumi, kata Departemen Luar Negeri AS, hari Jumat, beberapa bulan setelah kedua pihak terakhir bertemu di ibu kota Qatar pada bulan Maret.

Taliban sedang mencari cara untuk membuka beberapa cadangan devisa negara itu, yang saat ini dibekukan oleh Amerika Serikat, setelah gempa bumi dahsyat bulan lalu, dengan Amerika Serikat mencari jaminan bahwa uang itu akan digunakan untuk membantu penduduk.

Selama pertemuan pada hari Rabu dan Kamis (29-30/7), Amerika Serikat menegaskan kembali janji sebelumnya sebesar US$ 55 juta dalam bantuan baru untuk bantuan korban gempa, kata Departemen Luar Negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Jumat.

Dan "kedua belah pihak membahas secara rinci tindakan AS untuk mengamankan US$ 3,5 miliar cadangan bank sentral Afghanistan untuk kepentingan rakyat Afghanistan," kata pernyataan itu, uang yang Gedung Putih katakan pekan lalu, AS "segera" bekerja untuk memilah-milah.

Gempa bumi berkekuatan 5,9 skala Richter pekan lalu di Afghanistan timur, yang menewaskan lebih dari 1.000 orang dan menyebabkan puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggal, menambah urgensi pada perdebatan pendanaan.

"Amerika Serikat menyatakan bela sungkawa atas hilangnya nyawa dan penderitaan di Afghanistan yang disebabkan oleh gempa bumi baru-baru ini," kata Departemen Luar Negeri AS tentang pertemuan itu, yang dipimpin oleh Perwakilan Khusus untuk Afghanistan, Thomas West.

Amerika Serikat mengangkat “kekhawatiran mengenai peningkatan campur tangan Taliban dalam pengiriman bantuan kemanusiaan” dan “kekhawatiran mengenai transparansi dalam pemberian layanan,” kata pernyataan itu tentang bantuan tersebut.

Menurut Departemen Luar Negeri, perwakilan AS juga mendorong otoritas Taliban tentang hak-hak perempuan, sebuah masalah yang membuat Washington membatalkan pembicaraan di Doha pada bulan Maret, ketika kelompok itu menutup sekolah menengah perempuan di Afghanistan.

“Amerika Serikat mendukung tuntutan rakyat Afghanistan agar anak perempuan diizinkan kembali ke sekolah dan perempuan diizinkan bekerja, berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara, dan bergerak serta mengekspresikan diri mereka secara bebas,” kata pernyataan itu.

Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus 2021 setelah Amerika Serikat menghentikan upaya militer selama 20 tahun.

Washington pada saat itu membekukan cadangan devisa sebesar US$7 miliar dan komunitas internasional menghentikan miliaran bantuan langsung yang diandalkan oleh Afghanistan dan penduduknya yang berjumlah sekitar 40 juta orang.

Nilai mata uang Afghanistan telah runtuh, dan negara itu jatuh ke dalam krisis ekonomi yang serius, meskipun beberapa bantuan telah dipulihkan.

Taliban masih dianggap sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat, yang bersikeras bahwa setiap peningkatan hubungan akan tergantung pada pemenuhan masalah utama. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home