Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:12 WIB | Rabu, 27 April 2022

AS Desak Sekutu Secepatnya Kirim Senjata ke Ukraina

AS Desak Sekutu Secepatnya Kirim Senjata ke Ukraina
Kerabat Mykola Moroz, 47 tahun, berkumpul selama upacara pemakaman di rumahnya di desa Ozera, dekat Bucha, Ukraina, pada Selasa, 26 April 2022. Mykola ditangkap oleh tentara Rusia dari rumahnya di desa Ozera pada 13 Maret, diambil selama beberapa pekan di lokasi yang tidak diketahui dan akhirnya ditemukan tewas dengan tembakan sekitar 15 kilometer dari rumahnya. (Foto-foto: AP/Emilio Morenatti)
AS Desak Sekutu Secepatnya Kirim Senjata ke Ukraina
Tetyana Boikiv, 52 tahun, tengah, berjalan dengan anggota keluarga dan tetangga selama upacara pemakaman suaminya, Mykola Moroz, 47, di desa Ozera, dekat Bucha, Ukraina pada Selasa, 26 April 2022.

POKROVSK, SATUHARAPAN.COM-Kepala pertahanan Amerika Serikat mendesak sekutu Ukraina untuk “bergerak dengan kecepatan perang” untuk mendapatkan senjata yang lebih banyak dan lebih berat ke Kiev ketika pasukan Rusia menghujani Ukraina timur dan selatan di tengah kekhawatiran baru pertempuran itu dapat meluas ke wilayah perbatasan negara tersebut.

Untuk hari kedua, ledakan mengguncang wilayah separatis Trans-Dniester hari Selasa (276/4) di negara tetangga Moldova, merobohkan dua antena radio yang kuat. Dan sebuah rudal Rusia menghantam jembatan kereta api strategis yang menghubungkan wilayah pelabuhan Odesa Ukraina ke negara tetangga Rumania, negara anggota NATO, kata pihak berwenang Ukraina.

Tepat di seberang perbatasan di Rusia, sebuah gudang amunisi di wilayah Belgorod terbakar pada Rabu (27/4) pagi setelah beberapa ledakan terdengar, kata gubernur, Vyacheslav Gladkov, di aplikasi perpesanan Telegram. Awal bulan ini, Rusia mengatakan dua helikopter tempur Ukraina menabrak reservoir minyak di wilayah yang sama, menyebabkan kebakaran.

Dua bulan setelah pertempuran, senjata Barat telah membantu Ukraina menghentikan invasi Rusia, tetapi para pemimpin negara itu mengatakan mereka membutuhkan lebih banyak dukungan dengan cepat.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, pada hari Selasa mengadakan pertemuan para pejabat dari sekitar 40 negara di pangkalan udara AS di Ramstein, Jerman, dan mengatakan lebih banyak bantuan sedang dalam perjalanan. “Kita harus bergerak dengan kecepatan perang,” kata Austin.

Dia mengatakan dia ingin para pejabat meninggalkan pertemuan itu “dengan pemahaman yang sama dan transparan tentang persyaratan keamanan jangka pendek Ukraina karena kita akan terus bergerak sehingga kita dapat memenuhinya.”

Setelah perlawanan sengit yang tak terduga oleh pasukan Ukraina menggagalkan upaya Rusia untuk mengambil ibu kota Ukraina, Moskow sekarang mengatakan fokusnya adalah merebut Donbas, kawasan industri yang sebagian besar berbahasa Rusia di Ukraina timur.

Di kota Pokrovsk di wilayah Donetsk, orang-orang yang melarikan diri dari penembakan berbaris pada hari Selasa untuk naik kereta api menuju ke ujung barat negara itu. Satu orang diangkat ke kereta dengan kursi roda, yang lain di atas tandu.

Para penumpang membawa serta kucing, anjing, beberapa tas dan kotak, dan kenangan mereka yang tidak melarikan diri tepat waktu.

"Kami berada di ruang bawah tanah, tetapi putri saya tidak berhasil dan terkena pecahan peluru di ambang pintu" selama penembakan pada hari Senin, kata Mykola Kharchenko, 74 tahun. "Kami harus menguburnya di taman dekat pohon pir."

Dia mengatakan desanya, Vremivka, berada di bawah kebakaran hebat selama empat hari dan semuanya hancur. Dengan air mata berlinang, Kharchenko mengatakan bahwa dia entah bagaimana bertahan di rumah, tetapi begitu dia sampai di stasiun kereta, hancur berantakan. Dalam sekejap karena serangan Rusia.

Di kota pelabuhan selatan Mariupol yang hancur, pihak berwenang mengatakan pasukan Rusia menyerang pabrik baja Azovstal dengan 35 serangan udara selama 24 jam. Pabrik itu adalah benteng terakhir pejuang Ukraina yang diketahui di kota itu. Sekitar 1.000 warga sipil dikatakan berlindung di sana dengan sekitar 2.000 pembela Ukraina.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan ledakan di Moldova dilakukan oleh Rusia dan "dirancang untuk mengacaukan," dengan maksud menunjukkan kepada Moldova apa yang bisa terjadi jika mendukung Ukraina.

Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht mengatakan pemerintahnya akan memasok senjata anti pesawat lapis baja self-propelled Gepard ke Ukraina. Austin mencatat bahwa lebih dari 30 sekutu dan mitra telah bergabung dengan AS dalam mengirimkan bantuan militer ke Ukraina dan peralatan senilai lebih dari US$5 miliar telah diberikan.

Menteri pertahanan AS mengatakan perang telah melemahkan militer Rusia, menambahkan, “Kami ingin memastikan, sekali lagi, bahwa mereka tidak memiliki kemampuan yang sama untuk menggertak tetangga mereka seperti yang kita lihat di awal konflik ini.”

Seorang pejabat senior Kremlin, Nikolai Patrushev, memperingatkan bahwa “kebijakan Barat dan rezim Kiev yang dikendalikan olehnya hanya akan memecah Ukraina menjadi beberapa negara bagian.”

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, memperingatkan bahwa jika aliran senjata Barat berlanjut, pembicaraan yang bertujuan untuk mengakhiri pertempuran tidak akan membuahkan hasil. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home