Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:19 WIB | Kamis, 30 Desember 2021

AS: Kasus COVID-19 Mencapai Rata-rata 265.000 per Hari

Ini lonjakan kasus tertinggi, dan sebagian besar kasus adalah varian Omicron.
Seorang pria diuji untuk COVID-19, di situs pengujian langsung yang dijalankan oleh Nomi Health, 28 Desember 2021, di pusat kota Miami. (Foto: dok. AP/Rebecca Blackwell)

CHICAGO, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari setahun setelah vaksin diluncurkan, kasus baru COVID-19 di Amerika Serikat telah melonjak ke level tertinggi dalam rekor rata-rata lebih dari 265.000 per hari, lonjakan yang sebagian besar didorong oleh varian Omicron yang sangat menular.

Kasus baru per hari meningkat lebih dari dua kali lipat selama dua pekan terakhir, melampaui angka lama 250.000, yang ditetapkan pada pertengahan Januari, menurut data yang disimpan oleh Universitas Johns Hopkins.

Versi virus mutan yang menyebar cepat telah membuat Natal dan Tahun Baru menjadi gelap, memaksa komunitas untuk mengurangi atau membatalkan perayaan mereka hanya beberapa pekan setelah tampaknya orang Amerika akan menikmati musim liburan yang hampir normal. Ribuan penerbangan telah dibatalkan di tengah kekurangan staf yang disebabkan oleh virus tersebut.

Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular AS, mengatakan pada hari Rabu bahwa tidak perlu membatalkan pertemuan kecil di rumah di antara keluarga dan teman yang divaksinasi.

Tetapi “jika rencana Anda adalah pergi ke pesta Malam Tahun Baru yang dihadiri 40 hingga 50 orang dengan semua lonceng dan peluit dan semua orang berpelukan dan berciuman dan saling mengucapkan selamat tahun baru, saya sangat menyarankan agar tahun ini kita tidak melakukan itu,” katanya.

Ancaman Omicron dan keinginan untuk menghabiskan liburan bersama teman dan orang yang dicintai telah mendorong banyak orang Amerika untuk menjalani tes COVID-19.

Aravindh Shankar, 24 tahun, terbang ke San Jose, California, pada hari Natal dari West Lafayette, Indiana, untuk berkumpul bersama keluarga. Meskipun dia merasa baik-baik saja, dia memutuskan untuk diuji pada hari Rabu hanya untuk merasa aman, karena dia berada di pesawat terbang.

Dia dan keluarganya menghabiskan hampir sepanjang hari mencari janji untuk tes untuknya sebelum dia pergi ke sebuah lokasi di tempat parkir di sebelah bandara San Jose. “Itu sebenarnya sangat sulit,” kata Shankar tentang mencoba menemukan tempat tes. "Beberapa orang pasti lebih sulit."

Peringatan WHO

Gambarannya suram di tempat lain di seluruh dunia, terutama di Eropa, dengan kepala Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dia khawatir tentang Omicron yang bergabung dengan varian Delta untuk menghasilkan "tsunami" kasus. Itu, katanya, akan memberikan “tekanan besar pada petugas kesehatan yang kelelahan dan sistem kesehatan di ambang kehancuran.”

 

Jumlah orang Amerika yang sekarang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 mencapai sekitar 60.000, atau sekitar setengah dari jumlah yang terlihat pada Januari, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Sementara rawat inap terkadang tertinggal di belakang kasus, angka rumah sakit mungkin mencerminkan perlindungan yang diberikan oleh vaksin dan kemungkinan bahwa Omicron tidak membuat orang sakit seperti versi sebelumnya.

Kematian COVID-19 di AS telah meningkat selama dua pekan terakhir dari rata-rata 1.200 per hari menjadi sekitar 1.500.

Beberapa negara Eropa, termasuk Prancis, Yunani, Inggris dan Spanyol, juga melaporkan rekor jumlah kasus COVID-19 pekan ini, mendorong larangan musik pada perayaan Tahun Baru di Yunani dan dorongan baru untuk vaksinasi oleh otoritas Prancis.

WHO melaporkan bahwa kasus baru COVID-19 di seluruh dunia meningkat 11% pekan lalu dari pekan sebelumnya, dengan hampir 4,99 juta tercatat pada 20-26 Desember. Tetapi badan kesehatan PBB juga mencatat penurunan kasus di Afrika Selatan, di mana Omicron pertama kali terdeteksi lebih dari sebulan yang lalu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home