Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 14:17 WIB | Jumat, 26 Maret 2021

AS Lepasliarkan Burung Kondor California Pertama Setelah 100 Tahun

Foto dokumentasi 21 Juni 2017 menunjukkan seekor burung kondor California terbang di Ventana Wilderness di timur Big Sur, California. (Foto: dok. AP/Marcio Jose Sanchez)

SAN FRANCISCO, SATUHARAPAN.COM-Burung kondor California yang terancam punah sekarang dapat kembali terbang di wilayah Pacifik Barat Daya Amerika Serikat untuk pertama kalinya dalam 100 tahun.

Dinas Perikanan dan Satwa Liar Amerika Serikat berencana untuk mengizinkan pelepas-liaran burung nasar raksasa itu yang dibesarkan dalam penangkaran ke Taman Nasional Redwood secepatnya pada musim gugur ini.

Pelepasliaran itu untuk menciptakan "populasi percobaan" di wilayah ujung utara California, Oregon dan barat laut Nevada, menurut laporanmedia setempat, San Francisco Chronicle, hari Rabu (24/3).

Proyek ini akan dipimpin oleh suku Yurok, yang secara tradisional menganggap burung kondor California sebagai hewan suci dan telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengembalikan spesies tersebut ke wilayah leluhur suku tersebut.

“Tentunya dalam satu tahun kami berharap melihati burung di langit,” kata Tiana Williams-Claussen, direktur departemen satwa liar suku Yurok, mengatakan kepada Chronicle.

“Tidak memiliki dia di sini selama 100 tahun hingga sekarang, kami bagaikan orang terluka tanpa roh yang  terbang di langit kami,” katanya.

Hampir Hilang di Tahun 1970-an

Burung kondor California adalah burung asli Amerika Utara terbesar, dengan lebar sayap hampir 10 kaki (tiga meter). Burung ini pernah tersebar luas, tetapi hampir menghilang pada tahun 1970-an karena perburuan, keracunan timbale, karena memakan hewan yang dibunuh oleh pemburu dan perusakan habitatnya.

Pada awal 1980-an, semua adsa 22 individu kondor yang tersisa di alam liar, ditangkap dan dibawa ke program penangkaran yang mulai melepaskan burung nasar raksasa ke Hutan Nasional Los Padres California Selatan pada tahun 1992.

Kawanan itu telah memperluas jangkauannya sementara burung kondor lainnya sekarang menempati bagian dari Pantai Tengah California, Arizona, Utah dan Baja California, Meksiko. Total populasi liar sekarang berjumlah lebih dari 300 burung.

Selusin burung dewasa dan dua anak mati musim panas lalu ketika kebakaran hutan melanda wilayah mereka di Big Sur, di sepanjang Pantai Tengah California.

Inisiatif baru ini meminta melepaskan empat atau enam kondor remaja setiap tahun selama 20 tahun di seluruh Taman Nasional Redwood, yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dari perbatasan Oregon.

Burung kondors dapat hidup selama 60 tahun dan terbang dalam jarak yang sangat jauh, itulah sebabnya jangkauan mereka dapat meluas ke beberapa negara bagian. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home