Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:47 WIB | Rabu, 09 Juni 2021

AS Longgarkan Larangan Perjalanan, Termasuk untuk Indonesia

Gedung markas Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat di Atlanta, Georgia. (Foto: dok. Reuters/Tami Chappell)

WHASINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah melonggarkan rekomendasi perjalanan ke lebih dari 110 negara dan wilayah, termasuk Indonesia dan Jepang yang terkait menjelang penyelenggaraan Olimpiade.

Peringkat baru CDC pertama kali dilaporkan oleh Reuters dan diposting di situs web CDC pada hari Senin (7/6), termasuk 61 negara yang diturunkan dari peringkat "Level 4" tertinggi yang tidak menyarankan semua perjalanan untuk merekomendasikan perjalanan untuk individu yang divaksinasi penuh, kantor berita itu mengkonfirmasi pada hari Selasa (8/6).

Sebanyak 50 negara dan wilayah lainnya telah diturunkan ke "Level 2" atau "Level 1," kata juru bicara CDC. Negara-negara dengan peringkat terendah untuk risiko COVID-19 sekarang termasuk Singapura, Israel, Korea Selatan, Islandia, Belize, dan Albania.

Di antara negara-negara yang sekarang terdaftar di “Level 3,” adalah Prancis, Ekuador, Filipina, Afrika Selatan, Kanada, Meksiko, Rusia, Spanyol, Swiss, Turki, Ukraina, Honduras, Hongaria, Italia, Honduras, Indonesia, Yordania, Libya, Panama, Polandia, Denmark dan Malaysia.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan sedang dalam proses merevisi travel advisory untuk mencerminkan perubahan CDC.

Pada hari Selasa pagi, Departemen Luar Negeri telah menurunkan peringkatnya di lebih dari 90 negara dan wilayah, termasuk untuk Jepang.

Pada 24 Mei, Departemen Luar Negeri telah mendesak agar tidak melakukan perjalanan ke Jepang, dengan alasan gelombang baru kasus virus corona sebelum Olimpiade Tokyo akan dimulai pada 23 Juli.

Peringatan Departemen Luar Negeri menimbulkan kekhawatiran dan mendorong Gedung Putih untuk menegaskan kembali dukungannya terhadap rencana Tokyo untuk menyelenggarakan Olimpiade musim panas ini dan untuk atlet AS yang bersaing di sana meskipun ada gelombang infeksi baru dan tingkat vaksinasi yang rendah di negara tuan rumah.

Penonton asing dilarang, dan penyelenggara diharapkan membuat keputusan akhir bulan ini tentang penonton domestik.

CDC mengatakan perubahan itu terjadi setelah merevisi kriteria pemberitahuan kesehatan perjalanan. CDC mengatakan mereka juga telah merevisi peringkatnya untuk Amerika Serikat menjadi "Level 3" dari "Level 4."

Badan tersebut mengatakan kriteria baru untuk rekomendasi Level 4 yang berarti "hindari semua perjalanan" telah berubah dari 100 kasus COVID-19 per 100.000 sampai 500 kasus per 100.000.

Badan tersebut menambahkan bahwa banyak negara memiliki peringkat yang lebih rendah "karena kriteria berubah atau karena wabah lebih terkontrol.” CDC mengatakan mereka mengharapkan lebih banyak negara untuk mendapatkan peringkat perjalanan yang lebih rendah dan lebih menguntungkan. (AFP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home