Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:35 WIB | Minggu, 15 Januari 2023

AS Membangun Kesepakatan dengan Negara-negara Pasifik untuk Menyaingi China

Presiden Joe Biden, tengah, berfoto bersama para pemimpin Kepulauan Pasifik di Serambi Utara Gedung Putih di Washington, 29 September 2022. Dari kiri, Presiden Kaledonia Baru Louis Mapou, Perdana Menteri Tonga Siaosi Sovaleni, Presiden Palau Surangel Whipps Jr., Perdana Menteri Tuvalu Kausea Natano, Presiden Mikronesia David Panuelo, Perdana Menteri Fiji Josaia Voreqe Bainimarama, Biden, Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare, Perdana Menteri Papua Nugini James Marape, Presiden Kepulauan Marshall David Kabua, Perdana Menteri Samoa Fiame Naomi Mata 'afa, Presiden Polinesia Prancis Edouard Fritch dan Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown. (Foto : dok. AP/Susan Walsh)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Pemerintahan Presiden Joe Biden mendekati kesepakatan dengan dua negara Kepulauan Pasifik untuk memperluas hubungan yang dianggap penting untuk menjaga keseimbangan dalam persaingan Amerika Serikat dengan China. Itu untuk mendapatkan pengaruh di wilayah di mana China dengan cepat memperluas kekuatan ekonomi, diplomatik, dan militer mereka .

Pekan ini, AS menandatangani nota kesepahaman dengan Kepulauan Marshall dan Palau yang diharapkan pejabat pemerintah akan membuka jalan untuk penyelesaian cepat dari perjanjian yang lebih luas yang akan mengatur hubungan kepulauan itu dengan Washington selama dua dekade ke depan. Ikatan tersebut memberikan militer AS yang unik dan hak keamanan lainnya di pulau-pulau tersebut sebagai imbalan atas bantuan yang substansial.

Pemerintah percaya bahwa memperluas apa yang disebut “Perjanjian Asosiasi Bebas” itu akan menjadi kunci upaya untuk mempertahankan kekuatan Amerika dan menumpulkan ketegasan China di seluruh Indo-Pasifik.

Memorandum yang ditandatangani pekan ini menjabarkan jumlah uang yang akan diberikan pemerintah federal ke Kepulauan Marshall dan Palau jika kesepakatan mereka berhasil dinegosiasi ulang. Negosiasi pada memorandum serupa dengan negara ketiga, Mikronesia, sedang berlangsung.

Kesepakatan 20 tahun saat ini dengan Kepulauan Marshall dan Mikronesia berakhir tahun ini; kesepakatan saat ini dengan Palau berakhir pada 2024 tetapi pejabat administrasi mengatakan mereka yakin ketiganya dapat diperbarui dan ditandatangani pada pertengahan hingga akhir musim semi.

Pejabat tidak akan membahas secara spesifik jumlah uang yang terlibat karena kesepakatan tersebut belum mengikat secara hukum dan masih harus ditinjau dan disetujui oleh Kongres sebagai bagian dari proses anggaran.

Outlet berita Mikronesia, Marianas Variety, hari Kamis (12/1) melaporkan bahwa Kepulauan Marshall akan menerima US$ 700 juta selama empat tahun di bawah memorandum yang ditandatangani. Tetapi jumlah itu hanya mencakup seperlima dari perpanjangan kontrak 20 tahun dan tidak termasuk jumlah yang akan diterima Palau.

Joe Yun, utusan khusus Presiden Biden untuk negosiasi, mengatakan jumlahnya akan jauh lebih besar daripada yang diberikan AS di masa lalu.

Penduduk pulau telah lama mengeluh bahwa kesepakatan sebelumnya yang mereka tanda-tangani tidak cukup memenuhi kebutuhan mereka atau masalah lingkungan dan kesehatan jangka panjang yang disebabkan oleh uji coba nuklir AS pada 1950-an dan 60-an. Anggota parlemen telah menyatakan keprihatinan sejak tahun 2021 bahwa pemerintah tidak memberikan perhatian yang cukup terhadap masalah tersebut.

Yun, yang menandatangani memorandum dengan perwakilan dari Marshalls dan Palau pada hari Selasa dan Rabu di Los Angeles, mengatakan Kepulauan Marshall, khususnya, akan diberi kompensasi atas kerusakan tersebut dan akan diberi kendali atas bagaimana uang itu dibelanjakan.

Yun mengatakan itu akan membayar "kesehatan, kesejahteraan, dan pembangunan masyarakat yang terkena dampak nuklir" dan juga mencatat bahwa AS telah berkomitmen untuk membangun rumah sakit baru serta museum di Marshalls untuk melestarikan memori dan warisan peran mereka, terutama di medan tempur Pasifik selama Perang Dunia II.

Penandatanganan pekan ini membuka jalan bagi masing-masing agen federal, termasuk Layanan Pos, Administrasi Penerbangan Federal, Badan Manajemen Darurat Federal, dan Layanan Cuaca Nasional,  untuk menegosiasikan perjanjian mereka sendiri dengan Marshall dan Palau, yang kemudian akan menjadi bagian dari perjanjian yang lebih luas.

Seiring dengan uang federal, agen-agen tersebut menyediakan layanan mereka ke pulau-pulau tersebut. Sebagai imbalannya, AS diberi hak dan keistimewaan mendasarkan keamanan militer dan nasional yang unik di wilayah di mana China semakin menancapkan kekuatannya.

Yun mengatakan China tidak muncul secara khusus dalam negosiasi tetapi itu adalah elemen utama dalam diskusi semua pihak.

“Ancaman dari China tidak disebutkan, tetapi tidak diragukan lagi bahwa China adalah faktornya,” kata Yun. Tidak hanya China memiliki kehadiran ekonomi yang besar dan berkembang di wilayah tersebut, tetapi Kepulauan Marshall dan Palau sama-sama mengakui Taiwan secara diplomatis. “Itu terjadi di bawah tekanan China,” katanya.

China terus memburu sekutu dari Taiwan di Pasifik, termasuk Kiribati dan Kepulauan Solomon pada tahun 2019. AS mengumumkan rencana tahun lalu untuk membuka kembali kedutaan di Kepulauan Solomon, yang telah menandatangani perjanjian keamanan dengan China.

Sejak Perang Dunia II, AS telah memperlakukan Kepulauan Marshall, bersama dengan Mikronesia dan Palau, seperti wilayahnya. Di Kepulauan Marshall, AS telah mengembangkan fasilitas militer, intelijen, dan kedirgantaraan di wilayah di mana China sangat aktif.

Pada gilirannya, uang dan pekerjaan AS telah menguntungkan ekonomi pulau-pulau itu. Dan banyak penduduk pulau telah memanfaatkan kemampuan mereka untuk tinggal dan bekerja di AS, memindahkan ribuan orang ke Arkansas, Guam, Hawaii, Oregon, dan Oklahoma.

Banyak orang di Kepulauan Marshall percaya penyelesaian AS sebesar US$ 150 juta telah disetujui tahun 1980-an gagal mengatasi warisan masalah nuklir. Tetapi posisi AS tetap statis selama lebih dari 20 tahun, terakhir kali kesepakatan itu muncul untuk negosiasi ulang.

Berbagai perkiraan menyebutkan biaya sebenarnya dari kerusakan sekitar US$3 miliar, termasuk untuk perbaikan fasilitas limbah nuklir besar-besaran yang dikenal sebagai Cactus Dome yang menurut para ahli lingkungan telah membocorkan limbah beracun ke laut.

Departemen Energi AS mengatakan kubah itu berisi lebih dari 100.000 yard kubik (76.000 meter kubik) tanah dan puing-puing yang terkontaminasi radioaktif, tetapi strukturnya tidak dalam bahaya langsung. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home