Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:40 WIB | Senin, 27 Juli 2020

AS Perintahkan Kantor Konsulat China di Houston Ditutup

China membalas dengan akan menutup kantor konsulat AS di Chengdu.
Petugas polisi berpakaian preman menahan seorang pria yang berusaha memajang untuk mengambil tanda di luar Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Chengdu, Provinsi Sichuan, China, pada hari Sabtu (25/7/2020). (Foto: Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Kementerian luar negeri China mengeluh pada hari Sabtu (25/7) bahwa para pejabat penegak hukum Amerika Serikat secara tidak patut memasuki konsulatnya di Houston, yang diperintahkan untuk ditutup dalam suatu pertikaian diplomatik yang meningkat.

Kementerian tidak memberikan perincian, tetapi agen-agen federal AS memeriksa pintu konsulat dan seorang tukang kunci terlihat bekerja pada hari Jumat (24/7) setelah diplomat China pergi sebelum jam 16.00sore, batas waktu untuk menutup.

Hubungan AS dan China telah merosot ke level terendah dalam beberapa dekade di tengah konflik perdagangan, teknologi, Hong Kong, tuduhan memata-matai dan keluhan pelanggaran hak asasi manusia terhadap komunitas Muslim China.

Pemerintahan Trump memerintahkan konsulat Houston ditutup pekan ini, mengatakan agen-agen China mencoba mencuri penelitian medis dan lainnya di Texas. Beijing merespons dengan memerintahkan Washington untuk menutup konsulatnya di kota Chengdu, China barat daya.

"Adapun mengenai pemaksaan masuk pihak AS ke tempat-tempat Konsulat Jenderal China di Houston, China menyatakan ketidakpuasan dan menentang dengan tegas," kata sebuah pernyataan kementerian luar negeri. "China akan membuat tanggapan yang tepat dan perlu untuk ini."

Pernyataan itu mengatakan bahwa konsulat Houston adalah milik China, dan bahwa di bawah perjanjian diplomatik, para pejabat Amerika Serikat tidak punya hak untuk masuk.

Di Chengdu, warga  mengambil foto di luar Konsulat AS pada hari Sabtu ketika polisi dengan pakaian pelindung dan masker bedah berdiri di trotoar dan jalan tertutup di depan kompleks berdinding. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home