Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:03 WIB | Kamis, 17 Februari 2022

AS: Rusia Tambah 7.000 Pasukan di Perbatasan dengan Ukraina

AS: Rusia Tambah 7.000 Pasukan di Perbatasan dengan Ukraina
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, tengah, tiba untuk menghadiri latihan militer di luar kota Rivne, Ukraina utara, Rabu, 16 Februari 2022. (Foto: Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)
AS: Rusia Tambah 7.000 Pasukan di Perbatasan dengan Ukraina
Bendera Ukraina sepanjang 200 meter dibentangkan di stadion Olympiyskiy di Kiev, Ukraina, Rabu, 16 Februari 2022. Saat pejabat Barat memperingatkan invasi Rusia bisa terjadi pada hari ini, Presiden Ukraina Zelenskyy menyerukan Hari Persatuan, dengan Ukraina didorong untuk mengibarkan bendera Ukraina di seluruh negeri. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina menentang tekanan dari Moskow dengan pertunjukan nasional persatuan mengibarkan bendera pada Rabu (16/2), sementara Amerika Serikat memperingatkan bahwa Rusia telah menambahkan sebanyak 7.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina, meskipun Kremlin mengumumkan bahwa pasukan ditarik kembali dari wilayah itu.

Sementara invasi Rusia ke Ukraina tidak terwujud seperti yang dikhawatirkan, Amerika Serikat dan sekutunya menyatakan bahwa ancaman itu masih kuat, dengan stabilitas keamanan dan ekonomi Eropa dalam keseimbangan.

Rusia telah mengumpulkan lebih dari 150.000 tentara di timur, utara dan selatan Ukraina, menurut perkiraan Barat. Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah mengisyaratkan bahwa ia menginginkan jalan damai keluar dari krisis, dan Presiden AS Joe Biden berjanji bahwa AS akan terus memberikan diplomasi “setiap kesempatan,” tetapi ia melontarkan nada skeptis tentang niat Moskow.

Biden juga bersikeras bahwa Washington dan sekutunya tidak akan “mengorbankan prinsip-prinsip dasar” menghormati kedaulatan Ukraina. Tetapi pada saat yang sama, Rusia melanjutkan latihan perang di dekat perbatasan Ukraina dan melintasi wilayahnya yang luas.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan Barat mendeteksi bahwa Rusia telah meningkatkan kekuatannya di dekat Ukraina sebanyak 7.000 tentara, dengan beberapa sampai baru-baru ini pada hari Rabu, dan bahwa telah terjadi peningkatan yang nyata dalam klaim palsu oleh Rusia yang mungkin digunakan Kremlin sebagai dalih untuk sebuah invasi.

Pejabat itu mengatakan klaim tersebut termasuk laporan adanya kuburan tak bertanda warga sipil yang diduga dibunuh oleh pasukan Ukraina. Juga pernyataan bahwa AS dan Ukraina sedang mengembangkan senjata biologi atau kimia, dan klaim bahwa Barat menyalurkan gerilya untuk membunuh warga Ukraina.

Pejabat itu tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka tentang operasi sensitif dan berbicara kepada The Associated Press dengan syarat anonim. Pejabat itu tidak memberikan bukti yang mendasari pernyataan tersebut.

AS dan Eropa mempertahankan ancaman sanksi keras. Kepercayaan antara Timur dan Barat tetap sulit dipahami. “Kami belum melihat penarikan mundur,” kata Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, kepada ABC News. “Dia (Putin) bisa menarik pelatuknya. Dia bisa menariknya hari ini. Dia bisa menariknya besok. Dia bisa menariknya pekan depan. Pasukan ada di sana jika dia ingin memperbarui agresi terhadap Ukraina.”

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, mengatakan AS telah melihat “lebih banyak pasukan Rusia, bukan lebih sedikit.” Ditanya mengapa orang Rusia akan mengklaim mundur ketika intelijen pemerintah, foto satelit komersial, dan video media sosial tidak menunjukkan bukti itu, Price mengatakan: "Ini adalah pedoman Rusia, untuk melukis gambar secara publik ... sementara mereka melakukan yang sebaliknya."

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga menolak klaim penarikan Rusia. "Apa ini? Rotasi, penarikan, kembali lagi,” katanya dalam kunjungan ke kota tenggara Mariupol. "Terlalu dini untuk bersukacita."

Pemimpin Ukraina itu telah berulang kali berusaha untuk memproyeksikan ketenangan serta kekuatan selama krisis, dengan menyatakan hari Rabu sebagai “Hari Persatuan Nasional.”

“Kami dipersatukan oleh keinginan untuk hidup bahagia dalam damai,” kata Zelenskyy dalam pidatonya kepada negara pada hari sebelumnya. “Kita bisa mempertahankan rumah kita hanya jika kita tetap bersatu.”

Di seluruh negeri, warga Ukraina dari segala usia mengibarkan bendera di jalan-jalan dan dari jendela apartemen. Ratusan orang membentangkan bendera sepanjang 200 meter (650 kaki) di Stadion Olimpiade Kiev, sementara yang lain disampirkan di tengah pusat perbelanjaan di ibu kota.

Di bagian yang dikuasai pemerintah di wilayah timur Ukraina, Luhansk, tempat separatis yang didukung Rusia telah memerangi pasukan Ukraina sejak 2014, penduduk membentangkan bendera besar lainnya di seberang jalan.

“Acara ini, jumlah orang yang bersatu di sekitar bendera Ukraina akan menunjukkan bahwa kita berdiri untuk Ukraina yang bersatu,” kata warga Olena Tkachova. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home