Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:30 WIB | Rabu, 16 Maret 2022

AS Sebut Rusia Minta Bantuan Peralatan Militer ke China

AS Sebut Rusia Minta Bantuan Peralatan Militer ke China
Pemandangan apartemen yang hancur akibat penembakan, di Kharkiv, Ukraina, Minggu, 13 Maret 2022. (Foto: AP/Andrew Marienko)
AS Sebut Rusia Minta Bantuan Peralatan Militer ke China
Mayat seorang perempuan tergeletak di sebuah taman di Irpin, di pinggiran Kiev, Ukraina, Minggu, 13 Maret 2022. (Foto: AP/Felipe Dana)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan Rusia meminta peralatan militer China untuk digunakan dalam invasi ke Ukraina, permintaan yang meningkatkan ketegangan tentang perang yang sedang berlangsung menjelang pertemuan hari Senin di Roma antara pembantu utama AS dan pemerintah China.

Sebelum pembicaraan, penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, dengan blak-blakan memperingatkan China untuk menghindari membantu Rusia untuk menghindari hukuman dari sanksi global yang telah memukul ekonomi Rusia. "Kami tidak akan membiarkan itu berlanjut," katanya.

Prospek China menawarkan bantuan keuangan kepada Rusia adalah salah satu dari beberapa kekhawatiran Presiden Joe Biden. Seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas hal-hal sensitif, mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir, Rusia telah meminta dukungan dari China, termasuk peralatan militer, untuk terus maju dalam perang yang sedang berlangsung dengan Ukraina.

Pejabat itu tidak memberikan rincian tentang ruang lingkup permintaan. Permintaan tersebut pertama kali dilaporkan oleh Financial Times dan The Washington Post.

Pemerintahan Biden juga menuduh China menyebarkan disinformasi Rusia yang bisa menjadi dalih bagi pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menyerang Ukraina dengan senjata kimia atau biologi.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menempatkan China di tempat yang sulit dengan dua mitra dagang terbesarnya: AS dan Uni Eropa. China membutuhkan akses ke pasar tersebut, namun juga telah menunjukkan dukungan untuk Moskow, bergabung dengan Rusia dalam menyatakan persahabatan dengan “tanpa batas.”

Dalam pembicaraannya dengan penasihat kebijakan luar negeri senior China, Yang Jiechi, Sullivan memang akan mencari batasan dalam apa yang akan dilakukan Beijing untuk Moskow. "Saya tidak akan duduk di sini di depan umum dan mengacungkan ancaman," katanya kepada CNN dalam putaran wawancara acara berita hari Minggu.

“Tetapi apa yang akan saya katakan kepada Anda adalah kami berkomunikasi secara langsung dan pribadi ke Beijing bahwa pasti akan ada konsekuensi” jika China membantu Rusia “mengisi kembali” kerugiannya dari sanksi.

“Kami tidak akan membiarkan itu berlanjut dan membiarkan ada jalur kehidupan ke Rusia dari sanksi ekonomi ini dari negara mana pun di dunia,” katanya.

Dalam komentar singkat tentang pembicaraan tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, tidak menyebut Ukraina, dengan mengatakan bahwa “isu utama dari pertemuan ini adalah untuk mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh para kepala negara China dan AS dalam pertemuan puncak virtual mereka pada November tahun lalu.”

“Mereka akan bertukar pandangan tentang hubungan China-AS dan isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama,” kata Zhao dalam komentar yang diposting di situs web kementerian pada Minggu (13/3)  malam.

Gedung Putih mengatakan pembicaraan akan fokus pada dampak langsung perang Rusia melawan Ukraina pada keamanan regional dan global.

Pejabat administrasi Biden mengatakan Beijing menyebarkan klaim palsu Rusia bahwa Ukraina menjalankan laboratorium senjata kimia dan biologi dengan dukungan AS. Mereka mengatakan China secara efektif menyediakan perlindungan terhadap Rusia untuk bergerak maju dengan serangan senjata biologi atau kimia terhadap Ukraina.

Ketika Rusia mulai menuduh negara-negara lain bersiap untuk meluncurkan serangan biologis atau kimia, Sullivan mengatakan kepada NBC “Meet the Press,” “ini adalah pertanda baik bahwa mereka mungkin berada di titik puncak untuk melakukannya sendiri.”

Tuduhan mencolok AS tentang disinformasi Rusia dan keterlibatan China muncul setelah juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, menuduh tanpa bukti bahwa AS mendanai laboratorium senjata kimia dan biologi Ukraina.

Klaim Rusia digaungkan oleh juru bicara kementerian luar negeri China, Zhao Lijian, yang mengklaim ada 26 laboratorium bio dan fasilitas terkait di mana Departemen Pertahanan AS memiliki kendali mutlak. PBB mengatakan tidak menerima informasi yang mendukung tuduhan tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home