Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:05 WIB | Sabtu, 02 Juli 2022

AS Tambah Bantuan Militer untuk Ukraina Senilai US$ 820 Juta

Penduduk setempat berdiri di samping bangunan tempat tinggal yang rusak di kota Serhiivka, yang terletak sekitar 50 kilometer (31 mil) barat daya Odesa, Ukraina, hari Jumat, 1 Juli 2022. Serangan rudal Rusia ke daerah pemukiman di kota pantai dekat kota pelabuhan Ukraina, Odesa, Jumat pagi menewaskan sedikitnya 19 orang, pihak berwenang melaporkan, sehari setelah pasukan Rusia menarik diri dari pulau strategis Laut Hitam. (Foto: AP/Nina Lyashonok)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat kembali mengirim bantuan militer ke Ukraina, bantuan baru senilai US$ 820 juta. Senjata itu termasuk sistem rudal permukaan-ke-udara baru dan radar kontra-artileri untuk menanggapi serangan berat Rusia dengan senjata jarak jauh di wilayah tersebut.

Rusia dalam beberapa hari terakhir telah meluncurkan lusinan rudal di seluruh Ukraina dan menembaki pasukan Ukraina dengan tembakan terus-menerus selama berjam-jam. Para pemimpin Ukraina secara terbuka meminta sekutu Barat untuk segera mengirim lebih banyak amunisi dan sistem canggih yang akan membantu mereka mempersempit kesenjangan dalam peralatan dan tentara.

Semua mengatakan, AS telah berkomitmen lebih dari US$8,8 miliar dalam bentuk senjata dan pelatihan militer ke Ukraina, yang para pemimpinnya telah mencari lebih banyak bantuan dari sekutu Barat untuk mengusir pasukan Rusia yang lebih besar dan diperlengkapi dengan baik. Sekitar US$7 miliar dari bantuan itu telah diumumkan sejak invasi Rusia pada Februari.

“Kami akan mendukung Ukraina selama itu diperlukan,” kata Presiden Joe Biden pekan ini pada konferensi pers selama KTT NATO di Madrid. Dia berpendapat bahwa Rusia telah mengalami pukulan terhadap kedudukan internasionalnya dan kerusakan besar pada ekonominya akibat sanksi Barat yang dikenakan atas invasi tersebut.

AS memberi Ukraina “kapasitas” sehingga “mereka dapat terus melawan agresi Rusia,” kata Biden. “Jadi saya tidak tahu bagaimana ini akan berakhir, tetapi itu akan berakhir dengan kekalahan Rusia atas Ukraina di Ukraina.”

Sebagian besar bantuan yang diumumkan secara resmi pada hari Jumat (1/7) akan memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk mencapai Ukraina.

Sebagai bagian dari paket baru, AS akan membeli dua sistem yang dikenal sebagai NASAMS, sistem anti pesawat yang dikembangkan Norwegia yang digunakan untuk melindungi wilayah udara di sekitar Gedung Putih dan Capitol di Washington.

Seorang pejabat senior pertahanan mengatakan kepada wartawan bahwa NASAMS dimaksudkan untuk membantu transisi Ukraina dari penggunaan sistem pertahanan udara era Soviet, yang selain dikenal oleh Rusia juga harus diperbaiki dengan suku cadang yang sulit didapat.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Saya sangat berterima kasih hari ini kepada Amerika Serikat dan kepada Biden secara pribadi atas paket dukungan untuk Ukraina yang diumumkan hari ini, yang mencakup NASAMS yang sangat kuat, sistem rudal anti pesawat yang secara signifikan akan memperkuat pertahanan udara kami. Kami telah bekerja keras untuk pasokan ini,” kata Zelenskyy Jumat malam dalam pidato video malamnya.

Pentagon juga akan memberi Ukraina hingga 150.000 butir amunisi artileri 155 milimeter. Mengingat tingginya penggunaan artileri di kedua sisi, tidak jelas berapa lama putaran baru itu akan bertahan. Pejabat yang bicara dengan  syarat anonim itu menolak untuk mengatakan berapa banyak perkiraan peluru yang ditembakkan Ukraina dan Rusia setiap hari.

Pentagon juga akan membeli empat radar kontra artileri untuk Ukraina. Pembelian baru itu, yang didanai oleh Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina Pentagon, membutuhkan waktu minimal berminggu-minggu bagi perusahaan pertahanan untuk membangun. Ukraina juga sedang dilatih untuk menggunakan sistem yang baru disediakan.

Pentagon juga akan memberikan amunisi tambahan untuk sistem roket jarak menengah yang disediakan untuk Ukraina pada bulan Juni, yang dikenal sebagai Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi, atau HIMARS. Amunisi akan datang dari inventaris Departemen Pertahanan sendiri di bawah otoritas penarikan dan akan tersedia untuk Ukraina lebih cepat.

Ini adalah paket senjata dan peralatan militer ke-14 yang ditransfer ke Ukraina dari stok Departemen Pertahanan sejak Agustus 2021.

Perang telah berkembang menjadi jalan buntu di mana kedua belah pihak sangat bergantung pada artileri, menurut pejabat dan analis Barat.

Rusia belum mencapai tujuan awalnya untuk menggulingkan pemerintah Ukraina, Rusia diyakini membuat pergerakan yang lambat dalam mengkonsolidasikan kendali atas wilayah Ukraina timur yang dikenal sebagai Donbas. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home