Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:02 WIB | Jumat, 05 Agustus 2022

AS Umumkan Keadaan Darurat Nasional Cacar Monyet

Daniel Rofin, 41 tahun, menerima vaksin cacar monyet dari seorang profesional kesehatan di pusat medis di Barcelona, Spanyol, 26 Juli 2022. AS mengumumkan darurat kesehatan masyarakat untuk meningkatkan respons federal terhadap wabah cacar monyet yang telah menginfeksi lebih dari 6.600 orang Amerika. (Foto: dok. AP/Francisco Seco)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah federal Amerika Serikat mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada hari Kamis (4/8) untuk meningkatkan respons terhadap wabah cacar monyet yang telah menginfeksi lebih dari 7.100 orang Amerika.

Pengumuman tersebut akan melepaskan uang dan sumber daya lainnya untuk melawan virus, yang dapat menyebabkan demam, nyeri tubuh, kedinginan, kelelahan, dan benjolan seperti jerawat di banyak bagian tubuh.

“Kami siap untuk mengambil tanggapan kami ke tingkat berikutnya dalam mengatasi virus ini, dan kami mendesak setiap orang Amerika untuk menganggap cacar monyet dengan serius,” kata Xavier Becerra, kepala Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) AS.

Deklarasi oleh HHS datang ketika pemerintahan Biden menghadapi kritik atas ketersediaan vaksin cacar monyet. Klinik di kota-kota besar seperti New York dan San Francisco mengatakan mereka belum menerima cukup vaksin dua kali untuk memenuhi permintaan, dan beberapa harus berhenti menawarkan dosis kedua untuk memastikan pasokan dosis pertama.

Gedung Putih mengatakan telah menyediakan lebih dari 1,1 juta dosis dan telah membantu meningkatkan kapasitas diagnostik domestik menjadi 80.000 tes per pekan.

Virus cacar monyet menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit yang berkepanjangan, termasuk berpelukan, berpelukan dan berciuman, serta berbagi tempat tidur, handuk, dan pakaian. Orang-orang yang sakit sejauh ini terutama adalah laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki. Tetapi pejabat kesehatan menekankan bahwa virus dapat menginfeksi siapa saja.

Tidak ada seorang pun di Amerika Serikat yang meninggal. Beberapa kematian telah dilaporkan di negara lain.

Deklarasi hari Kamis adalah langkah penting, dan terlambat, kata Lawrence Gostin, pakar hukum kesehatan masyarakat di Universitas Georgetown. “Ini menandakan keseriusan dan tujuan pemerintah AS, dan membunyikan alarm global,” katanya.

Di bawah deklarasi tersebut, HHS dapat mengambil dari dana darurat, mempekerjakan atau menugaskan kembali staf untuk menangani wabah dan mengambil langkah lain untuk mengendalikan virus.

Gostin mengatakan pemerintah AS terlalu berhati-hati dan seharusnya mengumumkan keadaan darurat nasional lebih awal. Langkah-langkah kesehatan masyarakat untuk mengendalikan wabah semakin menghadapi tantangan hukum dalam beberapa tahun terakhir, tetapi Gostin tidak berharap itu terjadi pada cacar monyet.

"Ini adalah kasus buku teks darurat kesehatan masyarakat," kata Gostin. “Ini bukan masalah negara merah atau biru. Tidak ada oposisi politik untuk memerangi cacar monyet.”

Keadaan darurat kesehatan masyarakat dapat diperpanjang, seperti yang terjadi selama pandemi COVID-19, katanya.

Urgensi dalam tanggapan saat ini berasal dari penyebaran virus yang cepat ditambah dengan terbatasnya ketersediaan vaksin dua dosis yang disebut Jynneos, yang dianggap sebagai senjata medis utama melawan penyakit tersebut.

Dosis yang diberikan dengan jeda 28 hari, saat ini diberikan kepada orang-orang segera setelah mereka mengira mereka terpapar, sebagai tindakan untuk mencegah gejala.

Pekan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut monkeypox sebagai darurat kesehatan masyarakat, dengan kasus di lebih dari 70 negara. Keadaan darurat global adalah tingkat kewaspadaan tertinggi WHO, tetapi penunjukan tersebut tidak berarti suatu penyakit sangat menular atau mematikan.

California, Illinois dan New York semuanya telah membuat deklarasi pada pekan lalu, seperti halnya New York City, San Francisco dan San Diego County.

Deklarasi darurat kesehatan masyarakat nasional dan penamaan cacar monyet adalah "tindakan simbolis," kata Gregg Gonsalves, pakar penyakit menular Universitas Yale.

Yang penting adalah pemerintah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengendalikan wabah dan memiliki rencana bagaimana menangani cacar monyet jika menjadi endemik, katanya.

Monkeypox adalah endemik di beberapa bagian Afrika, di mana orang telah terinfeksi melalui gigitan hewan pengerat atau hewan kecil. Biasanya tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang.

Tetapi pada bulan Mei, gelombang kasus tak terduga mulai muncul di Eropa dan Amerika Serikat. Sekarang lebih dari 26.000 kasus telah dilaporkan di negara-negara yang secara tradisional belum pernah melihat cacar monyet. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home