Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:03 WIB | Jumat, 11 September 2020

AstraZeneca: Akhir Tahun Diketahui Efektivitas Vaksin Jika Uji Coba Dilanjutkan

Seorang petugas kesehatan memegang kit pengumpulan sampel COVID-19 dari sukarelawan uji coba vaksin di Wits RHI Shandukani Research Center di Johannesburg. (Foto: dok. Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Kepala eksekutif AstraZeneca, Pascal Soriot, mengatakan bahwa mereka harus tahu sebelum akhir tahun ini apakah vaksin eksperimentalnya dapat melindungi orang dari COVID-19, jika pembuat obat Inggris itu diizinkan untuk melanjutkan uji coba yang dihentikan pada pekan ini.

Penangguhan uji coba tahap akhir dilakukan setelah ada penyakit dalam subjek studi di Inggris. Pasien dilaporkan menderita gejala neurologis yang berhubungan dengan gangguan inflamasi tulang belakang langka yang disebut myelitis transversal.

Soriot mengatakan selama pembicaraan tentang vaksin bahwa sangat umum uji coba ditangguhkan, perbedaannya adalah dunia sekarang sedang menyaksikannya. Vaksin AstraZeneca pernah diesbutkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai yang paling menjanjikan dalam memerangi virus corona.

CEO tersebut mengatakan AstraZeneca tidak mengetahui diagnosis relawan dalam uji coba tersebut, menambahkan bahwa tidak jelas apakah mereka menderita myelitis transversal dan diperlukan lebih banyak tes dan pemeriksaan.

Soriot mengatakan bahwa diagnosis akan diserahkan ke komite keselamatan independen dan ini biasanya akan memberi tahu pihak perusahaan apakah uji coba dapat dilanjutkan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home