Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 21:23 WIB | Jumat, 11 Februari 2022

Atlet Skate Rusia Mungkin Tak Bisa Tanding, karena Skandal Dopping

Kamila Valieva, 15, dari Komite Olimpiade Rusia (ROC), bereaksi setelah program skate bebas beregu putri selama kompetisi figure skating di Olimpiade Musim Dingin 2022, Senin, 7 Februari 2022, di Beijing. (Foto: AP/Natacha Pisarenko)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Hak skater figur Rusia, Kamila Valieva, untuk bertanding di nomor wanita  di Olimpiade Beijing akan diputuskan pada sidang mendesak di Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Badan Pengujian Internasional, atas nama IOC, mengatakan pada hari Jumat (11/2) bahwa mereka akan menentang keputusan badan anti doping Rusia yang mengizinkan Valieva yang berusia 15 tahun untuk bermain skate. Agensi Rusia untuk sementara melarang Valieva pekan ini karena dia gagal dalam tes doping pada bulan Desember.

Valieva adalah favorit berat dalam acaranya yang dimulai hari Selasa setelah mencetak rekor dunia skor musim ini dan mendaratkan lompat quad pertama oleh seorang wanita di Olimpiade ketika Komite Olimpiade Rusia (ROC/Russian Olympic Committee) memenangkan acara tim hari Senin. ROC  mengatakan akan berjuang untuk mempertahankan medali emas itu.

ITA (International Testing Agency) mengkonfirmasi laporan bahwa Valieva dites positif menggunakan zat terlarang trimetazidine pada kejuaraan nasional Rusia di St. Petersburg enam pekan lalu.

Tes positif dikeluarkan oleh laboratorium di Swedia pada hari Selasa, sehari setelah Valieva bergabungRusia memenangkan acara tim dan hanya beberapa jam sebelum upacara medali, yang kemudian ditunda. Apakah Rusia akan kehilangan medali emas itu akan diputuskan nanti. Sejauh ini, permintaan AP untuk wawancara dengan lab Swedia tidak dijawab.

Valieva terkena larangan sementara langsung dari Olimpiade Beijing oleh badan anti doping Rusia yang dikenal sebagai RUSADA, yang mengawasi pengujian di kejuaraan nasional. Pada hari Rabu, panel disiplin RUSADA menguatkan bandingnya dan membatalkan larangan sementara skater.

Sidang yang terburu-buru di CAS (Court of Arbitration for Sport/ Pengadilan Arbitrase Olahraga) hanya akan mempertimbangkan pertanyaan tentang larangan sementara di Olimpiade ini, kata ITA, yang menuntut atas nama IOC. ITA dibentuk oleh IOC pada tahun 2018 setelah skandal doping Rusia untuk mengelola pengujian internasional dan untuk merancang program anti doping untuk Olimpiade.

“IOC akan menggunakan haknya untuk mengajukan banding dan tidak menunggu keputusan yang masuk akal dari RUSADA, karena keputusan diperlukan sebelum kompetisi berikutnya diikuti oleh atlet tersebut,” kata lembaga pengujian tersebut.

Saat berusia 15 tahun, Valieva memiliki perlindungan dalam buku peraturan olahraga, Kode Anti-Doping Dunia. Di bawah pedoman ini dia akhirnya hanya bisa menerima teguran sederhana.

Ketika seorang anak di bawah umur terlibat dalam pelanggaran aturan doping, aturan menyatakan timnya, seperti pelatih dan tim dokter, juga harus diselidiki. Itu tidak biasanya terjadi pada atlet berusia di bawah 18 tahun.

Valieva kemungkinan akan dicopot dari gelar nasional Rusianya pada bulan Desember. “Komite Olimpiade Rusia akan mengambil langkah-langkah komprehensif untuk membela hak dan kepentingan tim ROC dan untuk menjaga medali emas Olimpiade yang dimenangkan secara jujur ​​(dalam acara beregu),” kata ROC dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan bahwa tes doping yang dilakukan Valieva saat di Olimpiade kembali bersih, semua peraih medali diuji di Olimpiade.

“ROC juga mengasumsikan bahwa penyelidikan penuh akan dilakukan, sebagai akibatnya semua keadaan hukum dan faktual yang signifikan mengenai apa yang telah terjadi akan ditetapkan.”

Untuk hari kedua berturut-turut, Valieva berlatih lebih awal di arena utama di dalam Capital Indoor Stadium seolah-olah tidak ada yang salah. Dia diapit oleh rekan satu tim Rusia, Alexandra Trusova dan juara dunia Anna Shcherbakova, keduanya juga dilatih oleh Eteri Tutberidze,

Selama sesi 45 menit, Valieva melakukan empat lompatan quad, termasuk satu dalam kombinasi yang berpotensi menghasilkan skor tinggi dengan triple salchow.

Putusan tentang acara tim Olimpiade kemungkinan akan memakan waktu lebih lama, mencegah medali diberikan di Beijing sebelum upacara penutupan pada 20 Februari. RUSADA pertama-tama akan menyelidiki manfaat penuh dari kasus doping dan memberikan penilaian. Putusan itu akan mengarah pada banding dan juga bisa berakhir di CAS.

Kasus doping terbaru yang melibatkan seorang atlet Rusia dapat memiliki implikasi yang lebih luas untuk program olah raga negara itu.

Rusia berkompetisi di Olimpiade Beijing sebagai ROC, tanpa lagu kebangsaan atau benderanya. Itu karena dampak dari perselisihan doping selama bertahun-tahun termasuk penggunaan steroid dan menutup-nutupi Olimpiade Musim Dingin 2014, yang diselenggarakan oleh Rusia.

Skandal lain dapat memperpanjang larangan dua tahun melampaui akhir Desember yang dijadwalkan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home