Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:20 WIB | Jumat, 07 Februari 2014

Atlet Ski Lintas Alam Prancis Bicara Optimisme di Sochi 2014

Celia Aymonier, atlet ski lintas alam Prancis (Foto: ski-nautique.fr)

PONTARLIER, SATUHARAPAN.COM – Celia Aymonier, peraih medali emas ski lintas alam (cross country ski) asal Prancis pada Kamis (6/2) mengatakan ingin meraih medali yang lebih tinggi di Olimpiade Sochi.

Pada ski lintas alam yang diadakan pada akhir Januari 2014 lalu di Val Fiemme, Italia dia meraih medali emas dengan catatan total waktu 1 jam 2 menit 30,2 detik, dalam nomor individual, sementara dalam nomor beregu bersama tim putri Prancis dia kurang berhasil.

“Saya sadar saya juara termuda ski lintas alam di Prancis, dan itu podium pertama saya sebelum Olimpiade (Sochi 2014) ini, kebanggaan saya untuk tim nasional Prancis,” kata Aymonier.

“Medali yang saya raih ini penting karena merupakan bukti nyata kerja keras saya, dan mudah-mudahan di tahun-tahun berikutnya medali ini akan tetap ada di dada saya,” lanjut Aymonier.

Aurore Jean merupakan atlet usia di bawah 23 tahun pertama Prancis yang berhasil membawa pulang medali emas dari kejuaraan dunia 2010. Aymonier terinspirasi dari Aurore.  

“Tentu saja, Aurore memberi contoh untuk para juniornya, andaikata saya dapat melakukannya lagi, tentu akan lebih baik,” lanjut Aymonier.

Aymonier tidak ketinggalan berkomentar tentang ski 10 kilometer dalam nomor beregu yang dia lakoni bersama teman-temannya pada Kejuaraan Ski Dunia akhir Januari 2014 silam.

“Beruntung kami dapat memeroleh hasil yang baik di nomor 10 kilometer, tidak mudah  untuk berhadapan dengan salju yang tebal, tetapi bagaimanapun juga tetap mengesankan buat saya,” lanjut Aymonier.

Celia Aymonier

Celia Aymonier lahir di Pontarlier, provinsi Haut-Doubs, Prancis pada 5 Agustus 1991. Aymonier terbiasa bermain ski bersama orang tua  karena tinggal di daerah pegunungan di Fourgs, Prancis.

Bagi Aymonier bermain ski merupakan tradisi turun temurun dan wajib, sehingga dia berpartisipasi dalam kejuaraan ski tingkat propinsi saat berusia lima tahun. Usia delapan tahun dia juga menekuni biathlon (gabungan antara ski dan menembak), sehingga saat usia sebelas tahun dia tetap mempraktikkan ski lintas alam. Aymonier masuk dalam tim nasional ski lintas alam Prancis sejak 2006.

Aymonier yang sering bermain tenis, biathlon dan gym saat ini menyelesaikan pendidikannya di sebuah perguruan tinggi di Prancis dengan jurusan yang dia pilih yakni Terapis Natural.  (nordicmag.info/olympic.org/ sochi2014/celiaaymonier.fr)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home