Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 16:59 WIB | Sabtu, 05 Februari 2022

Atlet Uyghur Bawa Obor Olimpiade, China Abaikan Kritik tentang HAM

Atlet Uyghur Bawa Obor Olimpiade, China Abaikan Kritik tentang HAM
Obor Olimpiade dibawa ke stadion oleh Dinigeer Yilamujian dan Zhao Jiawen saat upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2022, Jumat, 4 Februari 2022, di Beijing. (Foto: AP/Jae C.Hong)
Atlet Uyghur Bawa Obor Olimpiade, China Abaikan Kritik tentang HAM
Aktivis mahasiswa mengenakan topeng dengan warna bendera pro kemerdekaan Turkistan Timur selama demonstrasi untuk memprotes Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, di luar Kedutaan Besar China di Jakarta, Indonesia, Jumat, 14 Januari 2022. Puluhan mahasiswa unjuk rasa menuntut pembatalan Olimpiade Beijing atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia terhadap etnis minoritas Muslim Uyghur di wilayah Xinjiang, China. (Foto: dok. AP/Tatan Syuflana)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Setelah seorang atlet dari etnis Uyghur membantu menyalakan api di Olimpiade Beijing, perdebatan dimulai: Apakah itu sinyal menantang dari para pemimpin China, atau bukti bahwa protes di seluruh dunia berdampak?

Pemilihan Dinigeer Yilamujiang untuk kehormatan tertinggi sebagai pembawa obor Olimpiade terakhir pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada hari Jumat (4/2) malam merupakan kejutan besar.

Apa artinya, karena gerakan Olimpiade seperti ini selalu memiliki makna, tapi tidak jelas. Pengacara hak asasi manusia yang berbasis di Amerika Serikat, Rayhan Asat, yang saudara laki-lakinya, Ekpar Asat, termasuk di antara lebih dari satu juta orang Uyghur yang dipenjarakan oleh China, pada awalnya terkejut.

Foto-foto Yilamujiang, pemain ski lintas alam berusia 20 tahun, memegang obor dengan Zhao Jiwen, pemain ski dari mayoritas Han China, keduanya tersenyum, mengingatkan Asat pada pemain anggar setengah Yahudi, Helene Mayer, yang berkompetisi untuk Jerman di Olimpiade Musim Panas 1936 yang diselenggarakan Adolf Hitler di Berlin.

“Saya merasa seperti sejarah terulang kembali,” kata Asat dalam sebuah wawancara telepon. “Ini seperti titik terendah baru. Itulah yang saya rasakan, awalnya.”

China Mengabaikan Kritik

Namun saat direnungkan, Asat hanya melihat remah-remah. China dengan tegas menolak kritik internasional atas tindakan kerasnya terhadap Uyghur, perlakuan yang dikatakan pemerintah AS dan lainnya sama saja dengan genosida. Penyelenggaraan Olimpiade di China telah membuat banyak orang Uyghur yang diasingkan merasa bahwa suara mereka tidak didengar.

Tetapi pemilihan atlet yang relatif tidak dikenal untuk menyalakan api bukanlah suatu kebetulan. Asat mengatakan, setelah kemarahan awalnya mereda, dia mengira China tidak kebal terhadap kritik dari luar seperti berpura-pura.

“Ini jelas sangat peduli dengan kritik dari luar. Makanya penting untuk terus kita kritisi,” katanya. “Saya merasa Beijing sangat takut kehilangan reputasi internasionalnya.”

China mengatakan pusat penahanan di wilayah barat Xinjiang dibangun untuk memerangi ekstremisme Islam. Para pemimpin mengatakan kamp-kamp itu menyediakan pelatihan kerja dan sejak itu ditutup. Uyghur di luar negeri mengatakan orang yang mereka cintai masih dipenjara.

Beberapa orang melihat pilihan Yilamujiang sebagai tujuan yang disengaja di mata para kritikus. “Itu adalah pilihan yang sangat, sangat disengaja,” kata Darren Byler, asisten profesor studi internasional di Universitas Simon Fraser Kanada yang telah banyak menulis tentang kamp tersebut.

“Saya pikir itu harus dibaca ketika China mengatakan kami tidak mundur dari pendirian kami tentang apa yang kami lakukan di Xinjiang dan kami tidak terlalu peduli dengan apa yang dunia pikirkan tentang hal itu,” kata Byler kepada The Associated Press melalui telepon.

Publik China telah dimobilisasi untuk mendukung kamp di Xinjiang menyusul kampanye internasional menentang penggunaan kapas dari wilayah tersebut di tengah tuduhan kerja paksa.

“Saya pikir ini ditujukan untuk audiens internasional terutama, tetapi tentu saja untuk audiens domestik serta sebagai tanda pembangkangan dan kekuatan,” kata Byler.

Secara resmi, ada sedikit komentar tentang peran Yilamujiang, meskipun surat kabar Partai Komunis, Global Times menulis pada hari Sabtu (5/2) bahwa latar belakang Xinjiang-nya “layak dicatat.”

Juru bicara Komite Olimpiade Internasional, Mark Adams, mengatakan tidak mempertimbangkan etnis pembawa obor saat memberikan persetujuan, tetapi menambahkan; “Saya pikir itu adalah konsep yang indah.”

Di antara berbagai masalah hak asasi manusia yang membayangi Olimpiade, masalah Xinjiang sejauh ini merupakan yang terbesar.

Kelompok hak asasi manusia telah menjuluki ini sebagai “Permainan Genosida,” dan AS serta beberapa negara demokrasi Barat lainnya telah menyebut pelanggaran hak dalam melakukan boikot diplomatik terhadap acara tersebut.

Uyghur, yang secara budaya, bahasa, dan agama berbeda dari China Han, telah lama membenci aturan keras Beijing dan masuknya migran yang telah menuai keuntungan ekonomi di wilayah yang kaya sumber daya.

Kebencian itu meletus menjadi serangkaian insiden kekerasan yang diberi label terorisme oleh China, membuat presiden dan pemimpin Partai Komunis, Xi Jinping, menuntut tindakan keras massal. Jaringan kamp didirikan sekitar tahun 2017.

Kritikus dan mantan narapidana menceritakan tentang disiplin yang ketat dan kondisi kehidupan yang keras di dalam. Laporan lain berbicara tentang keluarga yang dipisahkan oleh pihak berwenang, pengawasan massal dan kebijakan pengendalian kelahiran yang dipaksakan pada perempuan Muslim.

China menolak tuduhan pelanggaran sebagai "kebohongan abad ini" dan mengatakan kebijakannya telah mengakhiri kekerasan separatis. Kritikus mengatakan hasilnya adalah populasi yang trauma, dislokasi budaya dan pelanggaran yang berkelanjutan.

Kebijakan China di Xinjiang seharusnya mendapat tanggapan yang lebih kuat dari masyarakat internasional, termasuk boikot total Olimpiade, kata Kamaltürk Yalqun, seorang Uyghur adalah salah satu dari beberapa siswa yang dipilih untuk membantu penyelenggaraan api Olimpiade menjelang Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing.

“Ini harus menjadi tanggung jawab kolektif ketika kekejaman semacam itu terjadi,” katanya. “Sungguh memilukan bagi saya untuk melihat tanggapan yang begitu dingin dari orang-orang.”

Siapa Dinigeer Yilamujiang?

Apakah Yilamujiang melihat peran politik untuk dirinya sendiri, tidaklah jelas. Postingan media sosialnya berfokus sepenuhnya pada keinginannya untuk bersaing dengan sukses.

Lahir di prefektur Altay di barat laut Xinjiang yang berbatasan dengan Kazakhstan, Rusia, dan Mongolia, ia pertama kali dilatih oleh ayahnya, yang juga seorang pelopor ski lintas alam China. Praktik menggunakan alat ski berlapis kain untuk bepergian dan berburu di wilayah tersebut diyakini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Dalam beberapa tahun terakhir, Yilamujiang telah berkompetisi secara ekstensif di luar negeri dan memulai kompetisi Olimpiade Beijing pada hari Sabtu.

Fakta bahwa kedua orang tuanya adalah pegawai pemerintah memberikan latar belakang yang tepat untuk menerima dukungan politik dan keuangan pemerintah yang dibutuhkan oleh hampir semua atlet elite China. Itu, kata Byler, “benar-benar melindungi keluarga.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home