Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:10 WIB | Senin, 02 Januari 2023

Australia dan Kanada Juga Wajibkan Tes COVID-19 bagi Pendatang dari China

Personil polisi China memeriksa seorang pria yang tampak tidak sehat dan sedang beristirahat di atas barang bawaannya di jalan Beijing, Jumat, 30 Desember 2022. China berada di jalan bergelombang untuk kembali ke kehidupan normal saat sekolah, pusat perbelanjaan, dan restoran penuh, setelah berakhirnya beberapa pembatasan paling parah di dunia secara tiba-tiba bahkan ketika rumah sakit dibanjiri oleh pasien COVID-19 yang demam dan mengi. (Foto: AP/Ng Han Guan)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Australia dan Kanada telah bergabung dengan daftar negara yang terus bertambah yang mewajibkan pelancong dari China untuk melakukan tes COVID-19 sebelum menaiki penerbangan mereka, saat China memerangi wabah virus corona secara nasional setelah secara tiba-tiba melonggarkan pembatasan yang diberlakukan untuk sebagian besar pandemi.

Otoritas kesehatan Australia mengatakan pada Minggu (1/1) bahwa mulai 5 Januari, semua pelancong udara dari China daratan, Hong Kong, atau Makau harus menunjukkan tes COVID-19 negatif yang diambil dalam waktu dua hari setelah keberangkatan mereka.

Pihak berwenang Kanada mengumumkan tindakan serupa yang juga akan mulai berlaku 5 Januari dalam sebuah pernyataan tertanggal Sabtu  (31/12).

Australia dan Kanada bergabung dengan negara-negara lain termasuk Amerika Serikat, Inggris, India, Jepang, dan beberapa negara Eropa dalam memberlakukan tindakan COVID-19 yang lebih ketat pada pelancong China di tengah kekhawatiran atas kurangnya data tentang infeksi di China dan kekhawatiran kemungkinan varian baru dapat menyebar.

China, yang selama sebagian besar pandemi mengadopsi strategi "nol COVID-19" yang memberlakukan pembatasan keras yang bertujuan untuk membasmi virus, tiba-tiba melonggarkan langkah-langkah tersebut pada bulan Desember. Pihak berwenang China sebelumnya mengatakan bahwa mulai 8 Januari, pelancong luar negeri tidak perlu lagi dikarantina saat tiba di China, membuka jalan bagi warga China untuk bepergian.

Hong Kong juga sedang mempersiapkan perjalanan bebas karantina ke China, dengan rencana untuk melanjutkan operasi lebih banyak pos pemeriksaan perbatasan paling cepat 8 Januari, menurut postingan Facebook oleh Kepala Sekretaris Hong Kong, Eric Chan.

Namun, kuota akan tetap diberlakukan untuk membatasi jumlah pemudik antara dua tempat tersebut. "Bergantung pada fase pertama situasinya, kami secara bertahap akan memperluas skala pembukaan kembali perbatasan sepenuhnya," kata Chan.

Di China, pembatasan yang dilonggarkan berarti bahwa penduduk dapat merayakan Tahun Baru Imlek dalam pertemuan berskala besar yang dilarang selama sebagian besar pandemi, meskipun negara tersebut sedang mengalami wabah kasus yang masif.

“Masih ada beberapa kekhawatiran, kurang lebih,” kata Wu Yanxia, seorang warga Beijing berusia 51 tahun yang bekerja di sebuah perusahaan logistik. “Saya berharap tahun depan semuanya normal, seperti perjalanan domestik.”

Yang lain berharap tahun 2023 akan membawa hal-hal yang lebih baik setelah tahun lalu yang sulit. “Kami telah mengalami tahun yang sangat tidak merata, terutama yang tak terlupakan, dengan banyak hal di luar imajinasi kami,” kata Li Feng, seorang guru di Beijing, seraya menambahkan bahwa tahun 2022 adalah tahun yang sulit baik bagi masyarakat maupun pemerintah.

"Tapi saya pikir kita telah melewatinya dan semuanya akan baik-baik saja," kata Li. “Kita semua akan menjadi lebih baik dan lebih baik dalam pekerjaan dan kehidupan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home