Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:40 WIB | Rabu, 28 September 2022

Badai Ian Mendekati Florida dan Menjadi Kategori 4 Yang Berbahaya

Badai Ian Mendekati Florida dan Menjadi Kategori 4 Yang Berbahaya
Gambar satelit GOES-East GeoCcolor ini diambil pada 12:41 EDT pada hari Rabu, 28 September 2022, dan disediakan oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), menunjukkan Badai Ian di atas Teluk Meksiko. Kuba tetap dalam kegelapan pada Rabu pagi setelah Badai Ian mematikan jaringan listriknya dan menghancurkan beberapa pertanian tembakau paling penting di negara itu ketika menghantam ujung barat pulau itu sebagai badai besar. (Foto: NOAA via AP)
Badai Ian Mendekati Florida dan Menjadi Kategori 4 Yang Berbahaya
Lalu lintas menuju ke timur memadati Interstate 4 saat orang-orang mengungsi menjelang Badai Ian mendekati sisi barat negara bagian itu pada hari Selasa, 27 September 2022, di Danau Alfred, Florida (Foto: AP/Phelan M. Ebenhack)

FLORIDA, SATUHARAPAN.COM-Para peramal cuaca mengatakan Badai Ian telah menjadi badai Kategori 4 yang sangat berbahaya saat mendekati pantai barat Florida.

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat di Miami mengatakan pada pukul 05:00 pagi hari Rabu (28/9) bahwa Ian sekarang memiliki angin berkelanjutan tertinggi 140 mph (220 kph) dan berpusat sekitar 75 mil (125 kilometer) barat-barat daya Napoli, Florida. Dikatakan Ian bergerak ke utara dengan kecepatan 10 mph (17 kph).

Badai besar telah memicu peringatan kemungkinan gelombang badai yang berbahaya di sepanjang Pantai Teluk negara bagian yang berpenduduk padat dari Pantai Bonita ke wilayah Tampa Bay.

Angin, hujan mulai meningkat, sehari setelah Ian menghantam ujung barat Kuba, memutus jaringan listrik dan meninggalkan seluruh pulau tanpa listrik.

Penduduk Florida bergegas naik ke rumah mereka, menyimpan barang-barang berharga di lantai atas dan mengungsi.

“Anda tidak dapat berbuat apa-apa tentang bencana alam,” kata Vinod Nair, yang berkendara ke pedalaman dari daerah Tampa pada hari Selasa bersama istri, putranya, anjing dan dua anak kucing mencari hotel di distrik wisata Orlando. “Kami tinggal di zona berisiko tinggi, jadi kami pikir yang terbaik adalah mengungsi.”

Nair dan keluarganya termasuk di antara sedikitnya 2,5 juta penduduk Florida yang diperintahkan untuk mengungsi untuk mengantisipasi gelombang badai yang kuat, angin kencang dan hujan banjir. Pusat badai memperkirakan Ian akan mengaum di pantai barat daya Florida pada hari Rabu sore.

Angin yang melebihi kekuatan badai tropis 39 mph (63 kph) mencapai Florida pada pukul 03:00 pagi dan angin badai diperkirakan terjadi di Florida jauh sebelum bergerak ke daratan, kata pusat yang berbasis di Miami.

“Ini adalah badai besar, akan menyemburkan banyak air saat datang,” kata Gubernur Florida, Ron DeSantis, di Sarasota, kota pesisir berpenduduk 57.000 jiwa di jalur yang diproyeksikan badai. Dia memperingatkan pada konferensi pers: "Ini jenis gelombang badai yang mengancam kehidupan."

Bandara di Tampa, St. Petersburg dan Key West ditutup. Taman hiburan Disney World dan Sea World di Orlando semuanya ditutup sebelum badai.

Sepasang suami istri dari Inggris yang sedang berlibur di Tampa mendapati diri mereka menghadapi badai di tempat penampungan. Glyn dan Christine Williams dari London disuruh meninggalkan hotel mereka di dekat pantai ketika evakuasi diperintahkan. Karena bandara ditutup, mereka tidak bisa mendapatkan penerbangan pulang.

“Sayangnya, semua hotel penuh atau tutup, jadi sepertinya kita akan berada di salah satu tempat penampungan,” kata Christine Williams. Suaminya bersikeras semua akan baik-baik saja. “Anda tahu, Anda harus mengikuti arus,” kata Glyn Williams. “Jadi kami cukup senang melakukan apa yang kami lakukan.”

Lokasi yang tepat dari pendaratan masih belum pasti, tetapi dengan angin badai tropis Ian yang membentang 175 mil (280 kilometer) dari pusatnya, kerusakan diperkirakan terjadi di seluruh wilayah Florida yang luas. Banjir bandang mungkin terjadi di seluruh negara bagian, dan sebagian pantai timurnya menghadapi potensi ancaman gelombang badai saat pita Ian mendekati Samudra Atlantik. Peringatan juga dikeluarkan untuk tornado yang terisolasi.

Florida Power and Light memperingatkan mereka yang berada di jalur Ian untuk bersiap selama berhari-hari tanpa listrik. Sebagai tindakan pencegahan, ratusan warga dievakuasi dari beberapa panti jompo di daerah Tampa, di mana rumah sakit juga memindahkan beberapa pasien.

Beberapa bagian Georgia dan Carolina Selatan juga bisa mengalami hujan banjir dan beberapa gelombang pantai hingga hari Sabtu. Gubernur Georgia, Brian Kemp, sebelumnya mengumumkan keadaan darurat, memerintahkan 500 Garda Nasiona bersiaga untuk merespons sesuai kebutuhan.

Sebelum berbelok ke Florida, Ian menghantam provinsi Pinar del Rio di Kuba dengan angin berkecepatan 125 mph (205 kph) dan menyebabkan kerusakan di kawasan tembakau yang terkenal di negara pulau itu.

Stasiun pemerintah lokal TelePinar melaporkan kerusakan parah di rumah sakit utama di kota Pinar del Rio. Tidak ada kematian yang dilaporkan. Beberapa meninggalkan daerah bencana dengan berjalan kaki, membawa anak-anak mereka, sementara bus mencoba mengevakuasi yang lain melalui jalan-jalan yang tergenang air. Yang lain memilih untuk tinggal di rumah mereka yang rusak.

“Mengerikan,” kata Yusimi Palacios, warga Pinar del Rio di dalam rumahnya yang rusak. "Tapi di sini kita hidup, dan saya hanya meminta revolusi Kuba untuk membantu saya dengan atap dan kasur." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home