Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:00 WIB | Kamis, 09 September 2021

Badai Matahari Dapat Akibatkan “Kiamat Internet”

Gambar dari NASA yang diperoleh 6 November 2014 menunjukkan wilayah aktif di matahari saat memancarkan suar matahari tingkat menengah, memuncak pada 04:47 EST pada 5 November 2014. (Foto: dok. AFP)

SATUHARAPAN.COM-Manusia dilindungi dari badai matahari oleh medan magnet dan atmosfer bumi, namun mereka masih memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan besar pada infrastruktur yang dapat menyebabkan "kiamat internet," kata penelitian.

Laporan yang berjudul “Solar Superstorms: Planning for an Internet Apocalypse”, menyatakan bahwa ”salah satu bahaya terbesar yang dihadapi Internet untuk dampak global adalah badai matahari yang dahsyat”.

Internet adalah bagian penting dari infrastruktur global, dan pemadaman listrik berpotensi menyebabkan kerusakan sosial dan ekonomi yang serius.

“Dampak ekonomi dari gangguan internet selama sehari di Amerika Serikat diperkirakan lebih dari US$7 miliar,” kata penulis studi tersebut, Sangeetha Abdu Jyothi, dari University of California, Irvine and VMware Research.

Dua peristiwa badai matahari terbesar di dunia terjadi pada tahun 1921 dan 1859. Pada kedua peristiwa tersebut, badai tersebut memicu pemadaman listrik skala luas dan kerusakan parah pada jaringan komunikasi yang tersedia pada saat itu. Saat ini, ketergantungan yang lebih besar ditempatkan pada akses ke teknologi komunikasi yang sekarang tersedia.

“Kemungkinan terjadinya peristiwa cuaca luar angkasa ekstrem yang berdampak langsung ke bumi diperkirakan 1,6 persen hingga 12 persen per dekade,” tulisnya. “Karena fase rendah aktivitas matahari ini bertepatan dengan pesatnya pertumbuhan teknologi di bumi, kami memiliki pemahaman yang terbatas tentang apakah infrastruktur saat ini tahan terhadap CME (Coronal Mass Ejection/ Injelsi Massa Koronal), yang kuat, juga dikenal sebagai badai matahari.”

“Apa yang benar-benar membuat saya berpikir tentang ini adalah bahwa dengan adanya pandemi, kita melihat betapa tidak siapnya dunia ini. Tidak ada protokol untuk menanganinya secara efektif, dan itu sama dengan ketahanan internet,” kata Abdu Jyothi kepada media berita online WIRED.

“Infrastruktur kami tidak siap untuk peristiwa matahari dalam skala besar,” tambahnya.

Menurut makalah tersebut, koneksi internet lokal dan regional memiliki risiko kerusakan yang relatif lebih rendah karena kabel serat optik tidak terpengaruh oleh arus yang diinduksi secara geomagnetik.

Namun, kabel internet bawah laut yang menghubungkan benua memiliki risiko lebih tinggi karena “dilengkapi dengan repeater untuk meningkatkan sinyal optik, dengan jarak kira-kira 30 hingga 90 mil (50 hingga 150 kilometer)”, sebuah laporan di media berita online Live Science. “Repeater ini rentan terhadap arus geomagnetik, dan seluruh kabel dapat menjadi tidak berguna jika bahkan satu repeater menjadi offline, menurut makalah tersebut,” dikutip Al Arabiya.

Jika kabel bawah laut gagal di satu wilayah, itu bisa menyebabkan seluruh benua terputus satu sama lain. Negara-negara seperti AS dan Inggris berada di garis lintang tinggi dan lebih rentan terhadap kerusakan semacam ini karena mereka lebih mungkin mengalami cuaca matahari daripada negara-negara di garis lintang yang lebih rendah.

Sulit untuk memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan yang meluas pada infrastruktur bawah air, tetapi penulis laporan tersebut menyarankan bahwa pemadaman internet skala besar yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan adalah kemungkinan yang pasti.

Menghindari Kiamat Internet

Abdu Jyoti percaya bahwa risiko ini dapat dikurangi dengan mempersiapkan infrastruktur saat ini dan masa depan untuk “bencana yang akhirnya memfasilitasi manajemen bencana.”

“Selama desain topologi, kita perlu meningkatkan kapasitas di lintang yang lebih rendah untuk meningkatkan ketahanan selama badai matahari (meskipun latensi lebih tinggi). Selain itu, karena hubungan dari AS dan Kanada ke Eropa dan Asia sangat rentan, menambahkan lebih banyak tautan ke Amerika Tengah dan Selatan dapat membantu menjaga konektivitas global. Amerika Selatan lebih mungkin untuk mempertahankan konektivitas ke Eropa dan Afrika,” katanya.

Selain itu, dia menyarankan agar titik pendaratan kabel bawah laut disesuaikan, terutama di lintang rendah. “Penting untuk memiliki mekanisme untuk mengisolasi kabel listrik yang menghubungkan ke lintang yang lebih tinggi dari yang lain, untuk mencegah kegagalan cascading,” tulisnya.

“Pusat data dan penyedia layanan aplikasi harus menyadari ancaman matahari selama penerapan baru. Kita perlu mengembangkan tes standar untuk mengukur ketahanan aplikasi end-to-end di bawah kejadian ekstrem seperti itu. Secara khusus, pemodelan sistematis gangguan potensial ke Internet, dari lapisan fisik ke berbagai aplikasi, melalui kolaborasi antara ahli astrofisika, insinyur listrik, dan peneliti jaringan sangat penting untuk meningkatkan ketahanan Internet.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home