Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:12 WIB | Rabu, 03 Agustus 2022

Bagaimana Pemimpin Al-Qaeda, Ayman Al-Zawahri Ditemukan dan Ditembak

Di layar komputer dari DVD yang disiapkan oleh produksi Al-Sahab, Ayman al-Zawahri dari Al-Qaeda berbicara di Islamabad, Pakistan, pada 20 Juni 2006. Al-Zawahri, pemimpin tertinggi Al-Qaeda, terbunuh oleh AS selama akhir pekan di Afghanistan. Presiden Joe Biden berbicara tentang operasi pada hari Senin (1/8) malam, dari Gedung Putih di Washington DC. (Foto: dok. AP/B.K.Bangash)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Saat matahari terbit di Kabul pada hari Minggu (31/7), dua rudal Hellfire yang ditembakkan oleh pesawat tak berawak Amerika Serikat mengakhiri pemerintahan Ayman al-Zawahri selama satu dekade sebagai pemimpin Al-Qaeda. Benih-benih operasi kontraterorisme yang berani telah ditanam selama berbulan-bulan.

Para pejabat AS telah membangun model skala rumah persembunyian tempat al-Zawahri berada, dan membawanya ke Ruang Situasi di Gedung Putih untuk ditunjukkan kepada Presiden Joe Biden. Mereka tahu al-Zawahri tidak suka duduk di balkon rumah.

Mereka dengan susah payah membangun ”pola hidup”, seperti yang dikatakan seorang pejabat. Mereka yakin dia berada di balkon ketika rudal terbang, kata para pejabat.

Upaya selama bertahun-tahun oleh agen intelijen AS di bawah empat presiden untuk melacak al-Zawahri dan rekan-rekannya membuahkan hasil awal tahun ini, kata Biden, ketika mereka menemukan orang No. 2 setelah Osama bin Laden di Al-Qaeda, seorang perencana bersama 11 September 2001, serangan teroris di AS, dan penerus utama di rumah di Kabul.

Kematian Bin Laden terjadi pada Mei 2011, berhadapan langsung dengan tim penyerang AS yang dipimpin oleh Navy SEAL. Kematian Al-Zawahri datang dari jauh, pada pukul 06:18 di Kabul, Afghanistan.

Keluarganya, yang didukung oleh jaringan Haqqani Taliban, telah tinggal di rumah itu setelah Taliban menguasai kembali negara itu tahun lalu, menyusul penarikan pasukan AS setelah hampir 20 tahun pertempuran yang dimaksudkan, sebagian, untuk mempertahankannya. Al-Qaeda mendapatkan kembali basis operasi di Afghanistan setelah itu.

Perencanaan Berbulan-bulan

Tetapi petunjuk tentang keberadaannya hanyalah langkah pertama. Mengonfirmasi identitas al-Zawahri, merancang serangan di kota padat yang tidak akan membahayakan warga sipil secara sembarangan, dan memastikan operasi itu tidak akan menghambat prioritas AS lainnya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dilaksanakan.

Upaya itu melibatkan tim analis independen yang mencapai kesimpulan serupa tentang kemungkinan kehadiran al-Zawahri, skala mock-up dan studi rekayasa bangunan untuk mengevaluasi risiko bagi orang-orang di sekitarnya, dan rekomendasi bulat dari penasihat Biden untuk melanjutkan memukul.

“Jelas dan meyakinkan,” Biden menyebut bukti. “Aku mengizinkan serangan presisi yang akan menyingkirkannya dari medan perang, sekali dan untuk selamanya. Tindakan ini direncanakan dengan hati-hati, ketat, untuk meminimalkan risiko bahaya bagi warga sipil lainnya.”

Konsekuensi dari kesalahan pada jenis panggilan penghakiman ini menghancurkan tahun lalu di bulan ini, ketika serangan pesawat tak berawak AS selama penarikan pasukan Amerika yang kacau menewaskan 10 anggota keluarga yang tidak bersalah, tujuh di antara mereka anak-anak.

Biden memerintahkan apa yang disebut pejabat sebagai "serangan udara yang disesuaikan," yang dirancang agar kedua rudal itu hanya akan menghancurkan balkon rumah persembunyian tempat pemimpin teroris itu bersembunyi selama berbulan-bulan, menyelamatkan penghuni di tempat lain di gedung itu.

Seorang pejabat senior pemerintah AS, berbicara dengan syarat anonim untuk membahas perencanaan serangan, mengatakan al-Zawahri diidentifikasi pada “beberapa kesempatan, untuk jangka waktu yang berkelanjutan” di balkon tempat dia meninggal.

Pejabat itu mengatakan "berbagai aliran intelijen" meyakinkan analis AS tentang kehadirannya, setelah menghilangkan "semua opsi yang masuk akal" selain kehadirannya di sana.

Dua pejabat senior keamanan nasional pertama kali diberi pengarahan tentang intelijen pada awal April, dengan presiden diberi pengarahan oleh penasihat keamanan nasional, Jake Sullivan, tak lama kemudian. Sepanjang Mei dan Juni, lingkaran kecil pejabat di seluruh pemerintah bekerja untuk memeriksa intelijen dan menyusun opsi untuk Biden.

Pertimbangan Dampak Serangan

Pada 1 Juli di Ruang Situasi Gedung Putih, setelah kembali dari perjalanan lima hari ke Eropa, Biden diberi pengarahan tentang serangan yang diusulkan oleh para pembantu keamanan nasionalnya. Pada pertemuan itu, kata pejabat itu, Biden melihat model rumah persembunyian dan penasihat, termasuk Direktur CIA, William Burns, Direktur Intelijen Nasional, Avril Haines, dan direktur Pusat Kontraterorisme Nasional, Christy Abizaid, dengan pertanyaan tentang kesimpulan mereka bahwa al -Zawahri bersembunyi di sana.

Biden, kata pejabat itu, juga mendesak para pejabat untuk mempertimbangkan risiko serangan itu terhadap Mark Frerichs dari Amerika, yang telah ditawan Taliban selama lebih dari dua tahun, dan kepada warga Afghanistan yang membantu upaya perang AS yang tetap berada di negara itu. Pengacara AS juga mempertimbangkan legalitas serangan tersebut, menyimpulkan bahwa kepemimpinan al-Zawahri yang berkelanjutan dari kelompok teroris dan dukungan untuk serangan Al-Qaeda membuatnya menjadi target yang sah.

Pejabat itu mengatakan al-Zawahri telah membangun model organisasi yang memungkinkan dia untuk memimpin jaringan global bahkan dari isolasi relatif. Itu termasuk merekam video dari rumah, dan AS yakin beberapa mungkin dibebaskan setelah kematiannya.

Pada 25 Juli, saat Biden diisolasi di kediaman Gedung Putih karena positif COV ID-19, dia menerima briefing terakhir dari timnya.

Setiap pejabat yang berpartisipasi sangat merekomendasikan persetujuan operasi, kata pejabat itu, dan Biden memberikan tanda untuk serangan segera setelah ada kesempatan.

Kebulatan suara itu kurang satu dekade sebelumnya ketika Biden, sebagai wakil presiden, memberi Presiden Barack Obama nasihat yang tidak dia ambil, untuk menunda serangan bin Laden, menurut memoar Obama.

Serangan Hari Minggu Pagi

Peluang itu datang pada Minggu (31/7) pagi atau hari Sabtu (30/7) malam di Washington, beberapa jam setelah Biden kembali diisolasi dengan kasus rebound virus corona. Dia diberitahu kapan operasi dimulai dan kapan selesai, kata pejabat itu.

Analisis intelijen 36 jam lebih lanjut akan dilakukan sebelum pejabat AS mulai berbagi informasi bahwa al-Zawahri terbunuh, ketika mereka menyaksikan jaringan Haqqani Taliban membatasi akses ke rumah persembunyian dan merelokasi keluarga pemimpin Al-Qaeda yang telah meninggal. Para pejabat AS menafsirkan bahwa Taliban berusaha menyembunyikan fakta bahwa mereka menyembunyikan al-Zawahri.

Setelah penarikan pasukan tahun lalu, AS memiliki lebih sedikit pangkalan di kawasan itu untuk mengumpulkan informasi intelijen dan melakukan serangan terhadap sasaran teroris. Tidak jelas dari mana drone yang membawa rudal diluncurkan atau apakah negara-negara yang diterbanginya mengetahui keberadaannya.

Pejabat AS mengatakan Taliban tidak diberi peringatan sebelumnya tentang serangan itu. Dalam sebuah wawancara dengan ABC Good Morning America” pada hari Selasa (2/8), Sullivan mengatakan bahwa tidak ada personel berseragam yang berada di lapangan ketika serangan itu terjadi dan bahwa “kami berkomunikasi langsung dengan Taliban mengenai hal ini.”

Dalam sambutannya 11 bulan lalu, Biden mengatakan AS akan terus memerangi terorisme di Afghanistan dan negara-negara lain, meskipun menarik pasukan. “Kita tidak perlu melakukan perang darat untuk melakukannya.”

“Kami memiliki apa yang disebut kemampuan over-the-horizon,” katanya. Pada hari Minggu, rudal itu datang di cakrawala mengakhiri Ayman Al-Zawahri, orang nomor dua setelah Osama bin Landen di Al-Qaeda. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home