Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:34 WIB | Minggu, 24 Oktober 2021

Bagaimana Senjata Api Digunakan dalam Styuting Film?

Bagaimana Senjata Api Digunakan dalam Styuting Film?
Peternakan Film Bonanza Creek terlihat di Santa Fe, NM, Sabtu, 23 Oktober 2021. (Foto: AP/Jae C.Hong)
Bagaimana Senjata Api Digunakan dalam Styuting Film?
Foto pada Rabu ini, 17 April 2002, barang-barang dari Museum Senjata Api Nasional memamerkan senjata dan memorabilia yang digunakan dalam film, seperti pistol Clint Eastwood dan lencana dari "Dirty Harry," diperlihatkan di Markas Besar NRA di Fairfax , Va. Senjata yang digunakan dalam pembuatan film terkadang adalah senjata nyata yang dapat menembakkan peluru atau peluru kosong, yang merupakan bubuk mesiu yang menghasilkan kilatan dan ledakan tetapi tidak ada proyektil yang mematikan. Bahkan peluru kosong dapat mengeluarkan gas panas dan kertas atau gumpalan plastik dari laras yang bisa mematikan dari jarak dekat. (Foto: dok AP/Linda Spillers)
Bagaimana Senjata Api Digunakan dalam Styuting Film?
Foto 7 Oktober 2014 ini, Chad Stahelski, co-director film, "John Wick," menunjukkan penanganan senjata yang tepat selama sesi pelatihan di 87Eleven Action Design di Inglewood, California. (Foto: dok. Casey Curry/Invision/AP)
Bagaimana Senjata Api Digunakan dalam Styuting Film?
Foto 30 Januari 1986 ini, aktor Brandon Lee, putra mendiang ahli seni bela diri dan bintang film Bruce Lee, berpose untuk difoto. Kecelakaan pada film “Rust” terjadi hampir tiga dekade setelah Brandon Lee meninggal dalam kasus serupa, dan itu telah menimbulkan pertanyaan mengerikan tentang bagaimana hal itu bisa terjadi lagi. (Foto: dok. AP/Lacy Atkins)

SATUHARAPAN.COM-Sinematografer Halyna Hutchins meninggal pada hari Kamis (21/10) setelah Alec Baldwin menembakkan senjata berisi peluru yang diberikan kepadanya oleh asisten sutradara yang secara keliru percaya bahwa itu aman untuk digunakan pada set syuting film "Rust" di New Mexico.

Sutradara Joel Souza juga tertembak dan terluka tetapi telah keluar dari rumah sakit. Sementara banyak hal yang masih belum diketahui, polisi sedang menyelidiki. Bagaimana sebenarnya penggunaan senjata api pada produksi film dan televisi dan bagaimana protokol keselamatan diberlakukan.

Apa Itu Perangkat “Gun Prop”?

Ini adalah definisi yang lentur dan dapat berlaku untuk apa pun mulai dari mainan karet hingga senjata api nyata yang dapat menembakkan proyektil. Namun, jika digunakan untuk menembak (bahkan hanya kosong) itu dianggap sebagai senjata asli. Chris Burbank, mantan kepala polisi di Salt Lake City yang menjadi konsultan di beberapa produksi TV, mengatakan senjata api untuk simulasi selama pelatihan polisi atau produksi film sering dibuat, sehingga hanya dapat diisi dengan peluru kosong.

Apakan Peluru Kosong Dapat Membunuh?

Peluru kosong adalah jenis kartrid senjata yang berisi bubuk mesiu tetapi tidak ada peluru. Tetap saja, itu bisa melukai atau membunuh seseorang yang ada di dekatnya, menurut Actors' Equity Association. Koordinator keamanan senjata api untuk film, Dave Brown, menulis dalam sebuah artikel tahun 2019 untuk American Cinematographer bahwa, “Blanks (peluru kosong) mengeluarkan bubuk mesiu dan gas panas dari bagian depan laras dalam bentuk kerucut. Ini tidak berbahaya pada jarak yang lebih jauh, tetapi ledakannya dapat melukai seseorang secara serius jika terlalu dekat.”

Kasus di Film “Rust”

Pistol itu diisi dengan peluru langsung, catatan pengadilan yang dirilis pada hari Jumat (22/10) menunjukkan. Menurut catatan, pistol itu adalah salah satu dari tiga yang dipasang oleh pembuat senjata film itu di atas kereta di luar bangunan kayu tempat sebuah adegan sedang dimainkan.

Asisten direktur, Dave Hall,s mengambil pistol dari gerobak dan membawanya ke Baldwin, dan tidak menyadari bahwa itu diisi dengan peluru hidup, tulis seorang detektif dalam aplikasi surat perintah penggeledahan.

Siapa Bertanggung Jawab pada Senjata di Pembuatan Film?

Umumnya, master senjata atau pembuat senjata mengawasi semua senjata yang digunakan dalam produksi.

Ini bisa berarti apa saja mulai dari memilih item yang benar untuk periode tertentu dalam sejarah, hingga merawat senjata di lokasi syuting dan memastikan mereka digunakan dengan aman dan benar oleh aktor dan pemeran pengganti.

Ini adalah posisi yang cukup baru dalam sejarah produksi film, sekitar tahun 1980-an. Sebelum itu, master properti menangani semuanya. Baru-baru ini, menjadi lebih umum untuk meminta bantuan spesialis.

Apa Aturan untuk Senjata di Pembuatan Film?

Master senjata harus berada di lokasi setiap kali senjata digunakan.

Pedoman Asosiasi Ekuitas Aktor menyatakan bahwa, “Sebelum digunakan, pastikan pistol telah diuji coba di luar panggung dan kemudian minta untuk mengujinya sendiri. Perhatikan master prop memeriksa silinder dan laras untuk memastikan tidak ada benda asing atau peluru tiruan yang bersarang di dalamnya.”

Selanjutnya, “Semua pemuatan senjata api harus dilakukan oleh pemilik properti, pembuat senjata atau orang berpengalaman yang bekerja di bawah pengawasan langsung mereka.”

Menurut majalah Backstage, tidak ada jalur formal untuk menjadi master property, khususnya untuk senjata. Tetapi yang umum mereka memiliki pengalaman magang atau latar belakang dalam pekerjaan akrobat, militer, polisi atau keamanan.

Ahli senjata diharuskan untuk mematuhi undang-undang negara bagian dan federal dan memegang izin operasi yang tepat.

Mengapa Senjata Mengarah ke Sinematografer?

Kami tidak tahu apa yang terjadi di lokasi syuting "Rust", tetapi cukup umum untuk mengarahkan pistol ke kamera, dan dengan tambahan sinematografer, untuk mendapatkan sudut tertentu.

“Kita semua pernah melihat pengambilan gambar yang sangat terkenal dalam film di mana Anda mendapatkan efek dramatis dari pistol yang diarahkan ke Anda, penonton, dan tentu saja, itu diarahkan ke kamera,” jelas Steven Hall, direktur unit kedua dan sinematografer yang telah mengerjakan film seperti "Fury" dan "Thor: The Dark World."

“Untuk meminimalkan itu, seseorang akan meletakkan kamera jarak jauh di tempat itu, atau setidaknya jika seseorang memang harus mengoperasikan kamera, saya biasanya dilindungi oleh kacamata pengaman, pelindung keselamatan dan sering kali layar PERSPEX yang tahan terhadap apa pun. Jelas, itu tidak akan tahan terhadap tembakan nyata dari pistol, tetapi itu pasti akan tahan terhadap tembakan kosong. ”

Sementara keadaan spesifik dari penembakan "Rust" masih belum diketahui, para profesional dalam bisnis mengatakan bahwa kadang-kadang kru dan produksi didorong untuk "mempercepat segalanya" karena sejumlah alasan yang kadang-kadang dapat mengarah pada pengabaian protokol keselamatan "santai".

Dalam pembuatan film "Rust" yang berlatar tahun 1880-an dan menurut Hall, ketika senjata periode itu digunakan "Anda harus menggunakan senjata periode bersejarah yang sebenarnya dan untuk memeriksa keamanan senjata tersebut. Saya tahu peluru langsung ditembakkan dari revolver, tentu saja, untuk memastikan bahwa mereka berfungsi sedemikian rupa sehingga ketika Anda memasukkan peluru kosong, itu tidak akan meledak atau meledak di tangan aktor. ”

Mengapa Digunakan Senjata Asli, Sementara Tersedia Teknologi Efek Khusus?

Menjadi lebih umum untuk menambahkan tembakan di pasca produksi saat mengerjakan efek visual. Tapi efek visual bisa mahal dan bisa lebih mudah, dan lebih murah, untuk menggunakan alat peraga.

Dormer juga mengatakan bahwa ada keuntungan menggunakan alat peraga asli dan peluru kosong, seperti mendapatkan reaksi otentik dari seorang aktor.

Bagaimana Reaksi Hollywood?

Ada curahan kecemasan dan kemarahan dari semua tingkatan di industri bahwa hal seperti ini bisa terjadi. Sutradara James Gunn men-tweeted bahwa ketakutan terbesarnya adalah bahwa "seseorang akan terluka parah di salah satu set saya." Alex Winter men-tweeted bahwa, "Kru tidak boleh tidak aman di lokasi syuting dan ketika mereka memiliki alasan yang jelas mengapa." (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home