Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:45 WIB | Rabu, 24 Agustus 2022

Bahas Ekonomi, AS Akan Gelar Pertemuan 13 Menlu Negara Indo Pasifik

Pertemuan akan membahas inisiatif ekonomi untuk melawan pengaruh China di kawasan itu.
Seorang pilot Angkatan Udara menavigasi sebuah pesawat di sebelah jet tempur di bawah Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), pada 9 Agustus 2022. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat akan mengadakan pertemuan langsung pertama dengan para menteri dari 13 negara Indo-Pasifik di Los Angeles bulan depan di bawah inisiatif ekonominya yang dirancang untuk melawan pengaruh China di kawasan itu.

Pertemuan di bawah Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik untuk Kemakmuran pada 8 dan 9 September akan melanjutkan diskusi aktif tentang perdagangan, rantai pasokan, energi bersih, pajak dan anti-korupsi, kata Kantor Perwakilan Dagang AS mengatakan dalam sebuah pernyataan Selasa (23/8).

Pada bulan Mei, pemerintahan Biden meluncurkan IPEF, upaya AS yang paling signifikan untuk melibatkan Asia dalam masalah ekonomi sejak mantan Presiden Donald Trump pada tahun 2017 menarik diri dari perjanjian Kemitraan Trans-Pasifik yang dinegosiasikan di bawah pemerintahan Obama.

Tiga belas negara sejauh ini telah mendaftar untuk bergabung dengan AS dalam upaya untuk memajukan ketahanan, keadilan, dan daya saing, tetapi inisiatif tersebut tidak mencakup pengurangan tarif apa pun.

Pasifik adalah kawasan geostrategis yang vital bagi AS dan China. Bagi Beijing, rangkaian negara-negara kecil adalah mitra diplomatik penting yang dapat membantu agendanya di PBB, sementara AS dan Australia bergantung pada Pasifik untuk melindungi keamanan dan hubungan perdagangan mereka. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home