Loading...
SAINS
Penulis: Eti Artayatini 19:07 WIB | Sabtu, 14 Januari 2023

Bahlil Lahadalia Ajak Mahasiswa Untuk Bercita- cita Menjadi Pengusaha

Bahlil Lahadalia dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan Universitas Kristen Indonesia (UKM), Bandung (Foto : Satuharapan)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan Universitas Kristen Indonesia (UKM), Bandung  pada Kamis (12/1/2023), menceritakan kisah perjuangannya menimba ilmu di tanah Papua yang penuh dengan keterbatasan.

Bahlil mengatakan  Sebagai kunci penyongsong kemajuan bangsa, Ia juga mendorong para generasi muda untuk terus menimba ilmu dengan mengoptimalkan kemudahan akses di masa kini.

Cerita tersebut dia sampaikan kepada sekitar 2.500 peserta yang terdiri dari Dosen, Alumni dan mahasiswa-mahasiswi yang hadir dalam seminar tersebut.

"Saya minta adik-adik untuk memiiliki pandangan yang lebih luas. Jangan hanya bercita-cita menjadi PNS, karyawan atau TNI, Polri, tapi jadilah pengusaha yang mampu memberikan kontribusi nyata membuka lapangan pekerjaan dan memangkas angka pengangguran di Indonesia.

"Pengusaha kita baru 3,6 persen, idealnya negara maju harus 12 persen. Ibu pertiwi sedang memanggil anak cucunya untuk mengabdi di tanah air untuk tegak di mata negara-negara lain," ujarnya. 

"Pasca pandemi, pengangguran sampai 5-6 juta orang. Jika bermimpi untuk menjadi ASN penerimaan pertahun tidak lebih dari satu juta orang. Sisanya mau dikemanakan," jelasnya.

Kendati demikian, harus didorong investasi dari sektor swasta untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

"Jika tidak begitu, saya curiga akan menjadi pabrik pengangguran berintelektual dan ini akan menjadi masalah baru bagi bangsa Indonesia," katanya. 

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home