Loading...
RELIGI
Penulis: Sotyati 15:57 WIB | Selasa, 26 Juni 2018

Bakti Sosial di Cawang, Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Bakti Sosial di Cawang, Gelar Pemeriksaan Kesehatan
Peserta bakti sosial kesehatan GKI Cawang yang diselenggarakan Sabtu (23/6) sebagai penutup rangkaian Bulan Kesaksian dan Pelayanan 2018, menjalani pemeriksaan tekanan darah sebelum berkonsultasi dengan dokter. (Foto-foto: Sotyati)
Bakti Sosial di Cawang, Gelar Pemeriksaan Kesehatan
Pemeriksaan kesehatan gigi pada Bakti Sosial Kesehatan GKI Cawang di SDN Cipinang Cempedak 09 Pagi, Cawang, Jakarta Timur.
Bakti Sosial di Cawang, Gelar Pemeriksaan Kesehatan
Dokter Hariani memeriksa pasien cilik.
Bakti Sosial di Cawang, Gelar Pemeriksaan Kesehatan
Pemeriksaan lab sederhana, kolesterol, kadar gula darah, dan asam urat.
Bakti Sosial di Cawang, Gelar Pemeriksaan Kesehatan
Pendukung kegiatan Bakti Sosial Kesehatan GKI Cawang bergambar bersama.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tercatat 198 orang, dari target 200 orang, memeriksakan kesehatan dan berobat gratis dalam kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Cawang pada Sabtu (23/6) lalu. Sebanyak 22 orang di antaranya, memeriksakan kesehatan gigi.

Bakti sosial kesehatan (pengobatan umum, pengobatan gigi, dan pemeriksaan lab sederhana) itu, digelar sebagai penutup rangkaian Bulan Kesaksian dan Pelayanan GKI Cawang yang dilangsungkan selama bulan Juni, seperti disampaikan Gawang Deswantoro, ketua panitia.

Bakti sosial kesehatan bagi warga di sekitar GKI Cawang itu diselenggarakan di Sekolah Dasar Negeri Cipinang Cempedak 09 Pagi, tak jauh dari Pasar Cawang. Pendaftaran dibuka pukul 07.30 dan ditutup lebih dari pukul 12.00, menunggu aktivitas warga Pasar Cawang menyurut. Pedagang di Pasar Cawang termasuk dalam sasaran bakti sosial.  

Empat dokter umum dan tiga dokter gigi terlibat dalam kegiatan itu, yang bekerja melayani, bahu-membahu dengan lima tenaga medis yang mengukur tekanan darah pasien, dua tenaga medis yang menangani pemeriksaan lab sederhana kolesterol, glukosa darah, dan asam urat, serta tenaga yang melayani penyediaan obat.

Dokter Hariani, Koordinator Sie Klinik merangkap Anggota Sie Lab dan Sie Baksos dari Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Badan Pelayanan Periode 2017 – 2019 GKI Cawang, mengatakan urutan lima kasus terbanyak dari pemeriksaan umum adalah hipertensi, rheumatoid arthritis, infeksi saluran pernapasan atas, dislipidemia, dan gastritis.

“Ditemukan juga diabetes mellitus, diare, vertigo, urtikaria. Khas kasus kesehatan kaum urban,” katanya.

“Hipertensi, kolesterol tinggi, dapat juga disebabkan karena makan enak Lebaran hingga pasca-Lebaran, makan makanan bersantan dan manis-manis,” ia menambahkan.

Ny Dede, dalam usianya yang separuh baya, termasuk yang bisa tersenyum lebar hari itu. Hasil pemeriksaan lab glukosa darah sesaat 95 dan kolesterol total 209. “Kolesterol di atas, tapi kata dokter masih aman, asal jaga makanan,” katanya.   

Sedangkan pada pemeriksaan gigi, ditemukan tindakan pencabutan gigi, penambalan gigi yang berlubang, membersihkan karang gigi, periodontitis dan impaksi, fraktur mahkota gigi, dan gingivitis.

Klinik Cipinang Bali

Anggota Komisi PKM, di bawah koordinasi Inge Julianti, menjadi tulang punggung kegiatan bakti sosial kesehatan pada Sabtu pagi hingga siang itu. Dalam keseharian, PKM selain melayani warga jemaat, juga melayani warga masyarakat umum sejak diresmikan pendiriannya pada 8 Agustus 1986. Kini, Klinik Cipinang Bali punya nama lengkap Griya Kesehatan Klinik Cipinang Bali, berstatus klinik pratama.

Mengutip dari buku Bangkit dan Bersinarlah: 50 Tahun GKI Cawang, Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Badan Pelayanan Periode 2017 – 2019 diketuai Inge Julianti, dengan dibantu Paulus Mandiara Amk (wakil ketua), Greyvi Imelda Mawuntu (sekretaris dan anggota Sie Inventaris), Ruth Meilina M Simatupang (bendahara).

Personalia inti itu dibantu Koordinator Sie Klinik merangkap Anggota Sie Lab dan Sie Baksos dr Hariani, Koordinator Sie Poli Gigi dan Anggota Sie Baksos drg Elisa Mavilinda, Koordinator Sie Tensi dan Konsultasi Berliana J Sitorus, Koordinator Sie Lab sekaligus Anggota Sie Klinik dan Sie Tensi serta Konsultasi Netty Kuntadi, Koordinator Sie Donor Darah SN Sugardini, Koordinator Sie Baksos Waoziduhu Kurniawan Lombu, dan Koordinator Sie IInventaris dan Anggota Sie Klinik serta Sie Tensi dan Konsultasi Evelyn Adelaide. 

Dalam bakti sosial kesehatan pada Sabtu itu, dokter umum dan dokter gigi menyarankan pasien yang memerlukan layanan pemeriksaan lebih lanjut untuk datang di Griya Kesehatan Klinik Cipinang Bali yang terletak di Jl Cipinang Bali II no 3A Jakarta Timur. Klinik Cipinang Bali, nama yang lebih dikenal, untuk praktik umum buka pada hari Senin, Rabu, dan Jumat, mulai pukul 16.00 – 18.00, sementara Selasa, Kamis, Sabtu dibuka mulai pukul 09.00 – 12.00. Praktik gigi buka pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 09.00 – 12.00.

Setiap akhir bulan di GKI Cawang (hari Minggu setelah selesai kebaktian I dan II), Sie Tensi dan Konsultasi melayani warga jemaat dan warga sekitar yang dekat dengan GKI Cawang. Kegiatan itu terdiri atas pemeriksaan tensi, rata-rata per bulan 60 – 80 orang, pemeriksaan gula darah sesaat, pemeriksaan kolesterol, dan pemeriksaan asam urat, yang rata-rata per bulan meliputi 40 – 60 orang.

Donor darah dilakukan satu kali setiap empat bulan bekerja sama dengan PMI Bogor, dengan rata-rata pendonor 60 – 80 orang, terdiri atas warga jemaat dan warga sekitar GKI Cawang.

Bekerja sama dengan Lab Prodia dan Lab Westerindo, PKM menggelar pemeriksaan laboratorium (MCU), untuk melayani warga jemaat dan warga sekitar yang dekat dengan GKI Cawang. Jenis pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan darah lengkap rata-rata 60 – 130 orang; deteksi jantung dengan EKG (elektrokardiogram) rata-rata 30 – 60 orang; papsmear rata-rata 10 – 15 orang.

PKM melaksanakan program kegiatan bakti sosial lokal (di lingkungan GKI Cawang), kegiatan yang dikoordinir oleh WKPUB, kegiatan yang dikoordinir oleh Klasis Jakarta Selatan, dan kegiatan yang dikoordinir oleh Griya Kesehatan Indonesia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home