Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 18:30 WIB | Jumat, 19 September 2014

Bali: BHA Galang Gerakan Bersih-Bersih Pantai

Bali: BHA Galang Gerakan Bersih-Bersih Pantai
Aksi bersih-bersih pantai di Bali. (Foto: extremeina.com)
Bali: BHA Galang Gerakan Bersih-Bersih Pantai
Penampakan Pantai Seminyak jika tanpa sampah yang tersebar di pantai. (Foto: Francisca)

KUTA, SATUHARAPAN.COM – Bali Hotels Association (BHA) kelompok pelaku pariwisata akan menggalang gerakan kebersihan tujuh garis pantai dan sungai di Pulau Bali pada Sabtu (20/9) besok.

Kegiatan tahunan ini merupakan bentuk kampanye para pelaku pariwisata untuk menyerukan kebersihan dan kelestarian pantai. Kegiatan pertama dibawah naungan BHA ini dimulai pada tahun 2013 silam dan tahun ini merupakan tahun kedua.

“Ini merupakan kegiatan tahunan yang baru dimulai tahun 2013. Kami akan membagi gerakan kebersihan itu menjadi delapan zona,” Clinton Lovell Direktur Bidang Lingkungan BHA menjelaskan.

Pantai yang akan menjadi sasaran kegiatan di antaranya adalah Pantai Seminyak, Pantai Tuban, Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, Pantai Sanur, Pantai Tanah Lot, dan sungai di Ubud. Sekitar 1.650 pelaku pariwisata yang berasal dari 67 hotel dan enam klub hiburan akan diterjunkan untuk menjalankan aksi bersih-bersih pantai.

Sementara itu, sampah utama yang menjadi incaran adalah sampah plastik. Sampah plastik disinyalir merupakan jenis sampah yang paling memberi dampak buruk bagi lingkungan. Selain itu, sampah plastik merupakan jenis sampah paling banyak yang tersebar di pantai-pantai sasaran.

Gerakan ini tidak hanya diadakan di Indonesia, tetapi juga serentak digelar di 92 negara di dunia dalam rangka “International Coastal Clean Up”.

Tahun lalu, gerakan serupa yang diadakan oleh BHA berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 142,6 kilogram yang terdiri atas sampah bekas rumah tangga, kaleng, plastik, puntung rokok, dan sampah lainnya. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home