Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:20 WIB | Sabtu, 25 Juni 2016

Ban Ki-moon Berharap Uni Eropa Tetap Solid Pasca Brexit

Sekjen PBB, Ban Ki-moon. (foto: dok)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ban Ki-moon, pada hari Jumat (24/6), mengatakan dirinya berharap Uni Eropa tetap menjadi mitra yang solid bagi PBB setelah keputusan Inggris meninggalkan organisasi regional tersebut.

“Sekretaris Jenderal berharap Uni Eropa akan terus menjadi mitra solid bagi PBB dalam isu pembangunan dan kemanusiaan, serta perdamaian dan keamanan, termasuk keimigrasian,” ungkap Ban dalam sebuah pernyataan.

Ban juga mengungkapkan harapan agar Inggris tetap meneruskan kepemimpinannya di banyak area seperti pembangunan.

Pada periode transisi keluarnya Inggris dari Uni Eropa, Ban mengatakan dirinya meyakini “sejarah pragmatisme dan tanggung jawab bersama yang dijunjung Eropa demi kepentingan masyarakat Eropa.”

“Di PBB, kami ingin melanjutkan kerja sama kami dengan Inggris dan Uni Eropa - karena keduanya mitra penting kami,” ujar Ban. “Ketika kita bekerja bersama, kita menjadi lebih kuat,” tambahnya.

Tidak Akan Berubah

Di tempat terpisah, Presiden AS Barack Obama, pada hari Jumat (24/6), mengatakan dirinya yakin bahwa Inggris akan melakukan “transisi keluarnya mereka dari Uni Eropa secara baik,” dan menegaskan kemitraan khusus antara Washington dan London tidak akan berubah.

“Pemungutan suara kemarin mewakili perubahan dan tantangan yang sedang berlangsung akibat globalisasi,” ujar Obama di Stanford University, sehari setelah pemilih Inggris memilih keluar dari blok dalam sebuah referendum.

Setelah berbicara dengan Perdana Menteri David Cameron, Obama mengatakan dirinya “yakin Inggris berkomitmen dengan transisi keluarnya mereka dari Uni Eropa dengan baik.”

Dia menyebut Cameron, yang mengatakan akan mengundurkan diri setelah pemungutan suara, sebagai “teman sekaligus mitra yang luar biasa di panggung global.”

“Kami sepakat bahwa tim perekonomian dan keuangan kami akan tetap berhubungan dekat karena kami tetap fokus memastikan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas keuangan,” ungkap sang presiden.

Obama mengatakan dirinya juga menghubungi Kanselir Jerman Angela Merkel dan menegaskan bahwa AS dan mitra Uni Eropa mereka akan “bekerja sama lebih erat” dalam beberapa bulan mendatang.

“Namun meski kemitraan Inggris dengan Uni Eropa akan berubah, satu hal yang tidak akan berubah adalah kemitraan khusus yang ada antara dua negara kami. Itu akan bertahan,” ujar Obama. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home