Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 17:22 WIB | Senin, 27 Juni 2022

Bangkai Kapal PD II AS Ditemukan di Laut Filipina

Bangkai Kapal PD II AS Ditemukan di Laut Filipina
Gambar yang disediakan oleh Caladan Oceanic, menunjukkan peluncur torpedo tiga tabung yang merupakan bagian dari USS Samuel B. Roberts dapat dilihat di bawah laut Filipina di Samudra Pasifik Barat. Kapal perusak Angkatan Laut AS yang melibatkan armada Jepang unggul dalam pertempuran laut terbesar Perang Dunia II di Filipina telah menjadi bangkai kapal terdalam yang pernah ditemukan, menurut para penjelajah. (Foto-foto: Caladan via AP)
Bangkai Kapal PD II AS Ditemukan di Laut Filipina

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Sebuah kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat yang menyerang armada Jepang yang unggul dalam pertempuran laut terbesar Perang Dunia II di Filipina telah menjadi bangkai kapal terdalam yang pernah ditemukan, menurut para penjelajah.

USS Samuel B. Roberts, yang dikenal sebagai "Sammy B," diidentifikasi pada hari Rabu (22/6) pecah menjadi dua bagian di tebing pada kedalaman 6.985 meter (22.916 kaki).

Itu menempatkannya 426 meter (1.400 kaki) lebih dalam dari USS Johnston, bangkai kapal terdalam sebelumnya yang ditemukan tahun lalu di Laut Filipina, juga oleh penjelajah Amerika Victor Vescovo, pendiri Ekspedisi Kelautan Caladan yang berbasis di Dallas. Dia mengumumkan penemuan terbaru bersama dengan Ekspedisi EYOS yang berbasis di Inggris.

“Merupakan kehormatan luar biasa untuk menemukan kapal yang sangat terkenal ini, dan dengan melakukan itu memiliki kesempatan untuk menceritakan kembali kisah kepahlawanan dan tugasnya kepada mereka yang mungkin tidak tahu tentang kapal dan pengorbanan krunya,” kata Vescovo, mantan komandan Angkatan Laut, dalam sebuah pernyataan.

Sammy B. ambil bagian dalam Pertempuran Samar, fase terakhir Pertempuran Teluk Leyte pada Oktober 1944, di mana Angkatan Laut Kekaisaran Jepang menderita kerugian terbesar kapal dan gagal mengusir pasukan AS dari Leyte, yang mereka invasi sebelumnya sebagai bagian dari pembebasan Filipina.

Menurut beberapa catatan, kapal perusak melumpuhkan kapal penjelajah berat Jepang dengan torpedo dan secara signifikan merusak yang lain. Setelah menghabiskan hampir semua amunisinya, dia secara kritis dihantam oleh kapal perang utama Jepang, Yamato dan tenggelam. Dari 224 awak, 89 tewas dan 120 diselamatkan, termasuk kapten, Lt. Cmdr. Robert W. Copeland.

Menurut Samuel J. Cox, pensiunan laksamana dan sejarawan angkatan laut, Copeland menyatakan bahwa “tidak ada kehormatan yang lebih tinggi” saat itu untuk memimpin orang-orang yang menunjukkan keberanian luar biasa seperti itu pergi berperang melawan rintangan yang luar biasa, di mana kelangsungan hidup tidak dapat diharapkan.

"Situs ini adalah kuburan perang yang disucikan, dan berfungsi untuk mengingatkan semua orang Amerika tentang beban besar yang dilahirkan oleh generasi sebelumnya untuk kebebasan yang kita terima hari ini," kata Cox dalam sebuah pernyataan.

Para penjelajah mengatakan bahwa hingga penemuan itu, catatan sejarah di mana bangkai kapal itu berada tidak terlalu akurat. Pencarian melibatkan penggunaan sonar pemindaian samping terdalam yang pernah dipasang dan dioperasikan pada kapal selam, jauh melampaui batasan komersial standar 6.000 meter (19.685 kaki), kata EYOS. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home