Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:51 WIB | Selasa, 11 Oktober 2022

Bangladesh Tangkap Ribuan Pendukung Partai Oposisi

Mereka dituduh melakukan kekerasan dalam sebuah protes, yang disebut sebagai tuduhan palsu.
Sebuah perguruan tinggi di Bangladesh ditutupi dengan poster politik oleh aktivis lokal. (Foto: dok. Twitter)

DHAKA, SATUHARAPAN.COM-Ribuan aktivis partai di Bangladesh telah dipukul dengan tuduhan “palsu” melakukan kekerasan dalam tindakan yang meluas oleh pihak berwenang, kata oposisi hari Senin (10/10) ketika kelompok hak asasi internasional menyatakan keprihatinan.

Penentang Perdana Menteri Sheikh Hasina, yang pemerintahannya menghadapi pemilihan umum tahun depan dan dituduh melakukan pelanggaran hak asasi, telah mengadakan protes di seluruh negeri dalam beberapa bulan terakhir atas pemadaman listrik dan menuntut pemilihan di bawah pemerintahan sementara yang netral.

Beberapa demonstrasi telah dinodai oleh tuduhan melakukan kekerasan. Sairul Kabir Khan, juru bicara oposisi Partai Nasionalis Bangladesh (BNP), mengatakan bahwa sejak 22 Agustus, polisi telah mendakwa setidaknya 4.081 pendukung dan pemimpin partai yang disebutkan namanya dalam apa yang disebutnya kasus palsu atas kekerasan tersebut.

Sebanyak 20.000 pendukung BNP tak dikenal lainnya juga telah didakwa, tambahnya. Ini sebuah taktik yang menurut aktivis hak asasi memberikan kekuatan besar kepada polisi untuk melecehkan pendukung oposisi yang mungkin tidak menghadiri rapat umum.

Lima aktivis tewas dan lebih dari 2.000 terluka dalam protes tersebut, kata Khan kepada AFP.

Polisi tidak melakukan intervensi ketika demonstrasi BNP diserang dengan kekerasan, kebanyakan oleh aktivis Liga Awami yang memegang tongkat, tetapi “jika kita membalas, maka mereka mulai bereaksi,” katanya. “Polisi bukan kekuatan netral,” tambah Khan.

Polisi mengatakan empat orang tewas dalam setidaknya tiga protes, tetapi menuduh oposisi memicu kekerasan.

Komentar Khan muncul ketika Human Rights Watch yang berbasis di New York pada hari Senin mengangkat kekhawatiran atas “penangkapan massal dan penggerebekan polisi terhadap rumah anggota partai oposisi.”

Meenakshi Ganguly, direktur HRW Asia Selatan, mengatakan ini menetapkan “nada yang tidak menyenangkan untuk pemilihan parlemen mendatang,” yang ditetapkan diselenggarakan pada Desember 2023.

Sanksi oleh AS

Desember lalu, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi pada tujuh perwira tinggi keamanan Bangladesh dan Batalyon Aksi Cepat, pasukan elite, atas peran mereka dalam ratusan penghilangan paksa dan ribuan pembunuhan di luar proses hukum.

Dhaka membantah berada di balik penghilangan paksa pendukung dan pemimpin oposisi, dan mengatakan banyak penjahat tewas dalam baku tembak dengan petugas.

Pemerintah, yang telah berkuasa sejak 2009, sebagian besar menolak tindakan AS dan bulan lalu mengangkat salah satu petugas yang terkena sanksi menjadi kepala polisi nasional.

Juru bicara kepolisian Bangladesh, Monzur Rahman, membantah bahwa petugas menargetkan aktivis oposisi, mengatakan pasukan itu "menghormati hak setiap warga negara di negara itu" dan hanya melakukan intervensi "untuk menjaga situasi hukum dan ketertiban." (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home