Loading...
RELIGI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:33 WIB | Kamis, 24 Maret 2016

Bangun Toleransi, FKUB Kembali Gelar Program Sabda

Tim Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) usai rapat terkait penyelenggaran Sekolah Agama dan Bina Damai (Sabda) 3 yang akan digelar pada tanggal 4-8 April mendatang. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta akan menggelar kembali program tahunan yaitu Sekolah Agama dan Bina Damai (Sabda) untuk yang ketiga kalinya. Acara ini dibuat untuk membangun rasa toleransi dan kerukunan antarumat beragama di DKI Jakarta.

“Sabda Tiga ini diselenggarakan tanggal 4-8 April 2016 di Cilember Bogor. Pembukaanya akan dilakukan di pesantren wilayah Lubang Buaya. Sabda ini dibuka untuk kerukunan umat beragama dan dihadiri oleh seluruh penyuluh agama tingkat DKI,” kata Sekretaris FKUB Taufiq Rahman Azhar ketika rapat bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di  Balai Kota DKI Jakarta, hari Kamis (24/3).

Taufiq menjelaskan program ini dilakukan agar warga DKI Jakarta khususnya generasi muda terhindar dari paham radikalisme dan menambah wawasan mereka tentang kebangsaan. Menurutnya, dengan membangun komunikasi yang baik di antara umat beragama, konflik di wilayah sensitif tersebut dapat diminimalisir.

Anggaran dan Bis

Dalam kesempatan tersebut FKUB juga menyampaikan beberapa kesulitan yang mereka hadapi. Di antaranya adalah anggaran yang belum cair. Anggaran itu rencananya akan dipakai untuk membiayai acara tersebut.

“FKUB hingga hari ini belum turun dana Rp 2 miliar itu juga harus dibagi dengan kegiatan yang lainnya. Sementara itu, ada kawan dari LDII yang akan membantu tempat,” kata dia.

Selain masalah dana, FKUB juga meminta bantuan alat transportasi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupa bis yang cukup untuk mengangkut 40 orang yang datang dari beberapa daerah di wilayah DKI Jakarta.

Ketua FKUB Syafii Mufid mengatakan ke-40 peserta tersebut terdiri dari enam agama resmi Indonesia. Bahkan, ada pula yang berasal dari aliran kepercayaan, Ahmadiyah dan Syiah.

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home