Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:15 WIB | Kamis, 24 Maret 2022

Banjir di Kabupaten Toli-toli, 865 Rumah Terendam

Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah, Rabu (23/3). (Foto: BPBD Provinsi Sulawesi Tengah)

TOLI-TOLI, SATUHARAPAN.COM-Banjir merendam 865 unit rumah di wilayah Kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah pada Rabu (23/3). Peristiwa tersebut terjadi setelah meluapnya Sungai Tuweley dan Sungai Lembe pasca hujan dengan intensitas tinggi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah melaporkan, banjir dengan ketinggian muka air sekitar 70 hingga 100 Centimeter menyebabkan rumah 866 kepala keluarga di dua kecamatan, terendam banjir.

Dua kecamatan yang terdampak adalah Kecamatan Baolan meliputi Kelurahan Baru dan Kelurahan Tuweley, kemudian Kecamatan Galang, yaitu Desa Tende dan Desa Aung.

Banjir juga menyebabkan beberapa insfrastuktur terdampak, satu unit Sekolah Dasar dan Kantor Desa Aung ikut terendam, serta dua unit jembatan mengalami kerusakan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah Kabupaten Toli-toli dan sebagian wilayah Provinsi Sulaeesi Tengah pada Kamis (24/3) dan Jumat (25/3).

Menanggapi potensi hujan tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat agar selalu siap siaga menghadapi peristiwa alam yang dapat muncul diakibatkan oleh hujan seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home