Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:24 WIB | Selasa, 25 Januari 2022

Banjir di Kutai Kartanegara, 5.200 Rumah Terendam

Banjir yang terjadi di Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur, hari Minggu (23/1). (Foto: BPBD Kabupaten Kutai Kertanegara)

KUTAI KARTANEGARA, SATUHARAPAN.COM-Banjir merendam tiga belas desa setelah hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Minggu (23/1) di Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Sebanyak 5.200 rumah milik warga terdampak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Kertanegara mencatat 5.208 rumah warga terdampak yang dihuni 15.623 jiwa berada di sejumlah desa. Banjir juga melanda tiga unit fasilitas pendidikan, gedung pemerintah 13 unit dan tempat ibadah lima unit.

Beberapa jalan, termasuk jalan penghubung antar desa, seperti di Desa Sidomulyo ke Kampung Baru, Tabang Lama dan Umaq Tukung, juga terendam yang menyebabkan beberapa desa sulit dijangkau.

Tidak ada warga yang mengungsi, namun BPBD Kabupaten Kutai Kartanegara telah menyiapkan balai pertemuan umum sebagai tempat evakuasi sementara.

Tiga belas desa yang terdampak banjir di Kecamatan Tabang adalah Desa Sidomulyo, Kampung Baru, Tabang Lama, Umaq Tukung, Muara Pedohon, Umaq Dian, Umaq Bekuay, Gunung Sari, Muara Tuboq, Muara Kebaq, Salung, Muara Tiq dan Muara Belinau.

Analisis prakiraan cuaca tiga harian yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per tanggal 24 sampai 26 Januari 2022, Provinsi Kalimantan Timur didominasi cuaca kabut, hujan ringan, hujan lebat dan hyjan petir.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home