Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 03:36 WIB | Sabtu, 02 November 2019

Bank di Lebanon Buka Setelah 2 Pekan Tutup Karena Protes Rakyat

Antrean nasabah di sebuah cabang Blom Bank di Sidon, Lebanon, Jumat (1/11). (Foto: dari Reuters)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM- Bank-bank di Lebanon dibuka untuk nasabah pada hari Jumat (1/11) untuk pertama kalinya dalam dua pekan, setelah gelombang protes yang menyebabkan perdana menteri mengundurkan diri. Antrean nasabah setidaknya terjadi di tiga bank di ibukota, Beirut, saat pintu dibuka, kata saksi Reuters..

Dua pekan kekacauan politik dan krisis ekonomi terburuk terjadi di Lebanon sejak perang saudara pada kurun 1975-1990. Protes rakyat telah memicu kekhawatiran para nasabah untuk segera menarik dana atau mentransfernya ke luar negeri begitu bank-bank dibuka kembali.

Bank sentral telah berjanji untuk tidak memaksakan kontrol modal ketika bank-bank dibuka kembali, langkah-langkah yang dapat menghambat arus masuk mata uang dan investasi yang sangat dibutuhkan Lebanon untuk mengatasi krisis ekonominya.

Mungkin tidak ada kontrol formal pada modal, tetapi sumber perbankan mengatakan pada hari Kamis bahwa bank komersial akan mencoba untuk membatasi transfer ke luar negeri untuk kasus-kasus seperti pembayaran pinjaman, biaya pengobatan dan dukungan keluarga.

Seorang pelanggan di satu bank di Beirut diberitahu bahwa surat akan diperlukan dari bank di luar negeri agar pembayaran hipotek ditransfer ke luar negeri. Seorang karyawan bank juga menawarkan suku bunga yang lebih tinggi kepada pelanggan lain.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home