Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 11:00 WIB | Rabu, 23 Maret 2016

Bank Dunia Puji Kebijakan RI Alihkan Subsidi ke Infrastruktur

Ekonom utama Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop saat memberi materi pada forum Indonesia Economic Quarterly atau Laporan Ekonomi Triwulan yang digelar oleh Bank Dunia untuk Indonesia, di Kawasan Niaga Terpadu Sudirman, Jakarta Selatan, hari Senin (8/12/2014). (Foto: Dok. satuharapan.com/Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ekonom utama Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop, mengatakan tahun 2015 menjadi tahun yang berat bagi hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Di sisi lain, tahun 2015 sekaligus juga menjadi tahun yang luar biasa karena adanya perbaikan pada komposisi belanja negara.

Menurut dia, ini didukung oleh pengalihan subsidi energi kepada infrastruktur, kesehatan dan perlindungan sosial.

“Kita melihat perbaikan dramatis pada komposisi belanja negara dari subsidi energi ke investasi infrastruktur, kesehatan dan perlindungan sosial,” kata Diop, seperti dikutip melalui situs Bank Dunia, pada Rabu (23/3).

Karena perbaikan pada komposisi belanja tersebut, kata dia, investasi infrastruktur naik secara signifikan di paruh kedua tahun 2015, dan membantu Indonesia melewati titik fase pertumbuhan paling lambat di 2015.

Diop mengingatkan bahwa Indonesia harus berusaha untuk menjaga reformasi yang tengah berjalan dengan sebaik-baiknya, karena ini berpengaruh terhadap penciptaan lapangan kerja.

“Perlambatan telah berdampak pada pasar tenaga kerja, jadi sangat penting menjaga reformasi tetap berjalan agar kita bisa mendapatkan tingkat pertumbuhan yang membantu Indonesia menyelesaikan berbagai masalah sosial,” jelasnya. (kemenkeu.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home