Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 06:34 WIB | Kamis, 06 Oktober 2022

Bank Dunia: Tak Tercapai Target Memberantas Kemiskinan Ekstrem 2030

Sebaliknya, kemiskinan meningkat tajam, tahun 2020 sebanyak 70 juta orang jatuh dalam kemiskinan.
Foto tanggal 30 Juli 2020, warga yang mengungsi dari gelombang serangan kekerasan berjongkok di atas selimut dan dengan tergesa-gesa membuat tenda di desa Masteri di Darfur barat, Sudan. (Foto: dok. AP)

SATUHARAPAN.COM-Pandemi virus corona telah menyebabkan “kemunduran terbesar” pada upaya pengurangan kemiskinan global dalam beberapa dekade, dan Bank Dunia memperingatkan pada hari Rabu (5/10) bahwa tujuan untuk memberantas kemiskinan ekstrem pada tahun 2030 kemungkinan masih di luar jangkauan.

Kemiskinan meningkat tajam selama pandemi, dan pemberi pinjaman pembangunan memperkirakan sekitar 70 juta orang didorong ke dalam kemiskinan ekstrem pada 2020, lonjakan satu tahun terbesar sejak pemantauan dimulai pada 1990.

Laporan tersebut menawarkan penghitungan pertama dari mereka yang berjuang untuk hidup dengan kurang dari US$2,15 (setara Rp 35.000) per hari, definisi global baru tentang kemiskinan ekstrem, tetapi mengikuti banyak peringatan dari pemberi pinjaman pembangunan global bahwa negara-negara miskin tertinggal.

Awal tahun ini lembaga tersebut memperingatkan bahwa sebanyak 95 juta orang akan jatuh kembali ke dalam kemiskinan ekstrem pada akhir tahun ini.

Perang di Ukraina, kenaikan inflasi dan perlambatan pertumbuhan global telah memberikan tekanan lebih lanjut pada misi bank untuk mengangkat orang keluar dari kemiskinan.

"Inflasi, depresiasi mata uang, dan krisis tumpang tindih yang lebih luas" menunjukkan pandangan yang suram, kata Presiden Bank Dunia, David Malpass, dalam sebuah pernyataan.

“Kemajuan dalam mengurangi kemiskinan ekstrem pada dasarnya terhenti seiring dengan pertumbuhan ekonomi global yang lemah,” katanya.

Kemiskinan ekstrem global telah turun menjadi 8,4 persen pada 2019 dari 38 persen pada 1990, tetapi pandemi memicu kenaikan pertama dalam lebih dari dua dekade.

Kesenjangan Makin Lebar

Di tengah kemunduran, laporan tersebut memproyeksikan tingkat kemiskinan ekstrem global untuk tahun 2030 hanya akan turun menjadi tujuh persen, atau hampir 600 juta orang.

Afrika Sub-Sahara menyumbang 60 persen dari semua orang dalam kemiskinan ekstrem, menurut bank tersebut, dan tingkat pertumbuhan yang menentang sejarah untuk sisa dekade ini akan diperlukan untuk mencapai target pengurangan kemiskinan.

Sementara negara-negara kaya umumnya memiliki sumber daya untuk meredam pukulan ekonomi dari pandemi, ini tidak terjadi pada ekonomi berkembang.

Kehilangan pendapatan di negara-negara termiskin di dunia dua kali lebih tinggi dari negara-negara kaya, menyebabkan ketidaksetaraan global meningkat untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, kata laporan itu.

“Selama dekade berikutnya, berinvestasi dalam kesehatan dan pendidikan yang lebih baik akan sangat penting bagi negara berkembang,” kata Kepala Ekonom Bank Dunia, Indermit Gill.

Pemerintah harus mendukung transfer tunai yang ditargetkan daripada subsidi yang luas untuk mendukung kelompok miskin dan rentan, Bank Dunia menambahkan.

Ia juga mendesak untuk langkah-langkah seperti pajak properti dan karbon yang dapat meningkatkan pendapatan tanpa merugikan yang termiskin. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home