Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:08 WIB | Sabtu, 30 April 2022

Bankir Rusia Bergabung dengan Pasukan Pertahanan Ukraina

Igor Volobuev, wakil presiden Gazprombank, bank terbesar ketiga di Rusia. (Foto: dok. Ist)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Igor Volobuev, wakil presiden Gazprombank, bank terbesar ketiga di Rusia, meninggalkan negara itu untuk bergabung dengan pasukan pertahanan teritorial Ukraina di Kiev, katanya dalam sebuah wawancara dengan The Insider.

Volobuev, yang pergi pada 3 Maret, hanya satu pekan setelah Rusia memulai invasinya ke Ukraina, mengatakan bahwa dia tidak bisa tinggal di Rusia dan bahwa dia “tidak bisa hanya berdiam diri dan melihat apa yang dilakukan Rusia terhadap tanah air-nya," menambahkan bahwa dia "ingin menghapus masa lalu Rusia-nya.

“Rusia membunuh ayah saya, kenalan dan teman dekat saya. Ayah saya tinggal di ruang bawah tanah yang dingin selama sebulan. Orang-orang yang saya kenal sejak kecil mengatakan kepada saya bahwa mereka malu pada saya,” kata Volobuev, yang bekerja di Gazprom selama 16 tahun sebelum memegang posisi teratas Gazprombank selama enam tahun.

Mantan eksekutif bank itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa tindakan Presiden Rusia adalah kejahatan. Sanksi internasional dijatuhkan pada Gazprombank, di antara beberapa bank Rusia yang terkena sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya, sehari setelah Rusia memulai serangannya terhadap Ukraina.

Keadaan Yang Aneh bagi Oligarki

Oligarki Rusia yang terkenal telah dikompromikan secara geopolitik sejak dimulainya perang Ukraina-Rusia. Banyak sekutu utama Vladimir Putin di dunia bisnis, seperti Roman Abramovich dan Mikhail Prokhorov, telah dikenakan sanksi dan tindakan hukuman lainnya, dengan beberapa bahkan berbicara menentang pemerintah Rusia.

Sementara beberapa tokoh terkemuka di dunia bisnis Rusia telah berurusan dengan tindakan keuangan hukuman, yang lain berpotensi menghadapi konsekuensi yang jauh lebih parah. Mantan Wakil Presiden Gazprombank, Vladislav Avayev, dan mantan eksekutif perusahaan gas alam Novatek, Sergey Protosenya, ditemukan tewas pada pertengahan April, bersama dengan istri dan anak-anak mereka, di Moskow dan Spanyol.

Organisasi Media Negara Rusia, TASS, yang melaporkan kematian Avayev, mengatakan kasus itu tampaknya sebagai bunuh diri, sementara penyiar Spanyol Telecinco melaporkan hal yang sama tentang kematian Protosenya.

Yang mengejutkan, ini bukan satu-satunya kasus bunuh diri misterius yang dialami para eksekutif Rusia tahun ini. Leonid Shulman, yang memimpin layanan transfer Gazprom, ditemukan tewas di St. Petersburg dalam kasus bunuh diri, sementara mantan wakil Gazprom, Alexander Tyulyakov, ditemukan digantung di garasi dekat St. Petersburg pada 25 Februari, hanya satu hari setelah invasi ke Ukraina.

Lembaga think tank Polandia, Warsaw Institute, mencatat bahwa bunuh diri itu tampak "agak mencurigakan," sentimen yang dibagikan oleh Volobuev.

"Saya tidak percaya dia bisa membunuh istri dan putrinya," kata Volobuev. "Saya pikir itu adalah diatur. Mengapa? Sulit untuk mengatakannya. Mungkin dia tahu sesuatu dan menimbulkan ancaman."

Eksekutif dan pejabat tinggi lainnya yang diketahui telah meninggalkan Rusia selama perang termasuk wakil ketua dewan pertama Sberbank, Lev Khasis, utusan kepresidenan, Anatoly Chubais, dan wakil CEO Aeroflot, Andrei Panov, menurut Moscow Times. (TJP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home